61 Tahun, SMKN 3 Bandung Tak Gentar Menoreh Prestasi

61 Tahun, SMKN 3 Bandung Tak Gentar Menoreh Prestasi

Bandung, Ditjen Diksi – Perjalanan panjang yang telah ditempuh SMKN 3 Bandung, Jawa Barat, tak menyurutkan semangat untuk terus melahirkan karya dan generasi yang unggul. Tepat 1 Agustus lalu, sekolah ini genap berusia 61 tahun. Hal tersebut juga ditandai dengan kegiatan Dies Natalis SMKN 3 Bandung ke-61 yang bertemakan “Melangkah Pasti Meraih Mimpi di Tengah Pandemi” (1/8) secara daring.

Kepala SMKN 3 Bandung Euis Purnama pun menyampaikan rasa bahagianya bisa menjadi bagian dari sekolah tersebut yang terus konsisten dalam menorehkan berbagai prestasi, serta menghasilkan lulusan-lulusan yang unggul dan mampu berdaya saing global. Hal itu, menurut Euis, tidak terlepas dari team work yang dibangun oleh para pengajarnya dengan sangat baik.

“Selama saya di SMKN 3 Bandung, luar biasa support dari teman-teman. Saya selaku kepala sekolah merasa tidak ada apa-apanya tanpa team work yang hebat. Sampai jam 12 malam pun mereka masih siap sedia untuk bekerja. Inilah yang saya banggakan di SMKN 3 Bandung,” tutur Euis.

SMKN 3 Bandung yang dahulu dikenal sebagai SMEA Negeri 2 Bandung atau SMEA Pembina 2 Bandung ini telah memiliki 5 program keahlian yang telah disesuaikan dengan kurikulum saat ini. Kelima program keahlian SMK yang kini menjadi pusat keunggulan tersebut, yakni manajemen perkantoran dan layanan bisnis, akuntansi dan keuangan lembaga, pemasaran, desain komunikasi visual, serta usaha layanan pariwisata.

Dies Natalis tahun ini juga menjadi momentum untuk mengenang kilas balik SMKN 3 Bandung yang kini memiliki Ruang Praktik Terpadu Digipreneur Deltatiga, dengan peluncuran company profile  SMK Pusat Keunggulan (PK) menggunakan lima bahasa (Indonesia, Inggris, Perancis, Jerman, dan Jepang), sesuai dengan bahasa yang dipelajari di sekolah. 

Selain berupaya untuk konsisten dan kontinu terhadap Program SMK Sahabat UMKM yang bermitra dengan Kadin Kota Bandung, SMKN 3 Bandung berharap terus mendapat dukungan dari seluruh stakeholder, mulai dari pemerintah, industri, serta masyarakat. Sehingga, hadirnya program SMK PK juga dapat memberikan pengimbasan yang baik dan positif terhadap berbagai sektor secara luas.

Euis juga berharap agar seluruh warga SMKN 3 Bandung dapat menjaga solidaritas bersama-sama membangun sekolah tersebut melahirkan generasi yang unggul. “Yang saya harapkan, teman-teman tetap semangat, solid, dan selalu muncul inovasi dan kreativitas di SMKN 3 Bandung. Harapan saya, sesuai dengan semboyannya, sesuai dengan spiritnya, ‘SMKN 3 Jaya! Jaya Selamanya, Unggul Prestasinya’, harus terus dipacu serta ditorehkan oleh murid-murid dan bapak ibu gurunya,” ungkap Euis. (Diksi/Tan/AP)