Asuransi Sinarmas Buka Peluang Kerja Lulusan SMK

Jakarta, Ditjen Diksi – PT Asuransi Sinarmas membuka banyak lapangan kerja bagi lulusan SMK di seluruh Indonesia. Hal itu disampaikan melalui sosialisasi yang digelar beberapa waktu lalu oleh Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri (Mitras DUDI), Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi bersama PT Asuransi Sinarmas.

Menurut Plt. Direktur Mitras DUDI, Saryadi Guyatno, pembangunan ekosistem pendidikan vokasi menjadi salah satu pilar yang dapat menopang pengembangan SDM yang tinggi dan memiliki daya saing. “Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi telah membuat berbagai program untuk merevitalisasi SMK, agar pendidikan vokasi mampu menghasilkan lulusan kompeten sesuai tuntutan dari kebutuhan dunia kerja,” ujarnya.

Saryadi berharap, melalui sosialisasi tersebut guru SMK dapat menyerap tuntutan-tuntutan kompetensi baru yang dibutuhkan oleh dunia kerja. Sehingga, sekolah dapat melakukan penyelarasan kurikulum pembelajaran yang diterapkan di SMK. 

“Sebagaimana kita tahu bahwa perubahan dunia kerja itu selalu terjadi setiap saat, entah karena perubahan teknologi atau perubahan lingkungan yang mempengaruhi tuntutan kebutuhan kompetensi tenaga kerja,” jelas Saryadi.

Sementara itu Amilia Febe selaku Kepala Divisi Rekrutmen PT Asuransi Sinarmas menyampaikan, pihaknya sebagai pelaku industri membutuhkan talenta yang kompeten. Karenanya, PT Asuransi Sinarmas melalui sosialisasi tersebut menyatakan keterbukaannya dalam menyediakan lapangan kerja bagi lulusan SMK, baik fresh graduate maupun alumni yang sudah dinyatakan lulus pada tahun-tahun sebelumnya.

“Kami sangat terbuka bagi lulusan SMK yang ingin bergabung dengan perusahaan kami. Dari jurusan apa pun dan lulusan kapan pun dipersilakan,” jelas Amilia.

Lapangan kerja yang dibuka oleh PT Asuransi Sinarmas tersebut menggunakan sistem mitra, yakni talenta yang lolos seleksi dan dinyatakan diterima menjadi mitra kerja akan mendapatkan training dan guidance dari tim HRD, sehingga dapat melakukan multi-tasking pekerjaan. Adapun imbal jasa yang akan diberikan disesuaikan dengan produktivitas dari talenta tersebut. Sedangkan pekerjaan yang akan dilakukan telah berbasis aplikasi, sehingga tidak ada batasan usia, waktu kerja lebih fleksibel, dan akan ada review kinerja setiap bulannya. 

Amilia menambahkan, pihaknya juga akan melakukan konfirmasi kepada sekolah-sekolah yang telah bergabung dalam sosialisasi tersebut sebagai bentuk tindak lanjut yang dilakukan oleh PT Asuransi Sinarmas dalam merekrut lulusan SMK yang kompeten dan unggul.

Grup Sinarmas sendiri merupakan sebuah industri besar yang didirikan oleh Eka Tjipta Widjaja sejak 1938 di Makassar. Perusahaan tersebut terus berkembang hingga bergerak di tujuh pilar, yaitu APP Sinarmas di bidang produksi kertas dan kemasan; agribisnis dan pangan; Sinarmas Land di sektor konstruksi dan industri; financial service; komunikasi dan teknologi; energi dan infrastruktur; serta health care. (Diksi/Tan/AP)