Logo

Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi
(Ditjen Vokasi).

Jl. Jenderal Sudirman Gedung E Lantai III Senayan, Jakarta 10270
vokasi@kemdikbud.go.id

Lihat di Google Maps
Profil Kami
Berita
Gulir Ke Bawah
Cari

AVI ke-3 Jaring Otomotif Andal

07 Juni 2021 06:23:00Kategori : Berita   Setditjen Diksi
AVI ke-3 Jaring Otomotif Andal
AVI ke-3 Jaring Otomotif Andal

Makassar, Ditjen Diksi – Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi melalui Direktorat Mitras DUDI kembali menyelenggarakan Akademi Vokasi Indonesia (AVI) untuk ketiga kalinya yang diselenggarakan di Makassar, Sulawesi Selatan, dengan mengusung tema otomotif (5/6).

“Acara ini merupakan bentuk kegiatan yang sangat positif karena para peserta didik vokasi bisa mengikuti kegiatan ini untuk menunjukkan kemampuannya di hadapan industri dan menunjukkan bahwa meski masih belajar, tapi mereka sudah punya kemampuan itu,” ujar Beny Bandanadjaja, Direktur Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi.

Kegiatan yang diselenggarakan untuk melihat potensi peserta didik vokasi yang kompeten ini telah membuka pendaftarannya pada 25 Mei hingga 31 Mei 2021. Selanjutnya, peserta AVI ke-3 menjalani seleksi berkas hingga akhirnya terpilih sebanyak 15 peserta yang berhasil lolos ke babak final yang diumumkan pada 1 Juni 2021.

Mengusung tema otomotif, AVI ke-3 mempertandingkan bidang keahlian teknik mesin dan otomotif, yakni peserta harus melewati beberapa tahap “Automotive Skill Challenge”, antara lain tes teori dan tes teknikal.

Adapun daftar dari peserta yang lolos tersebut, di antaranya SMKN 5 Makassar, SMK Kebangsaan Indonesia Maros, Sekolah Dirgantara, SMKN 9 Bulukumba, SMKN 1 Watang Pulu, serta SMKT Somba Opu Gowa.

Dari 15 peserta yang lolos pada babak seleksi, sebanyak 5 peserta terbaik masing-masing akan mendapatkan satu unit laptop Estima karya anak bangsa, serta satu orang terbaik akan memperoleh tabungan pendidikan senilai Rp15 juta.

Acara yang menggandeng satu kelompok usaha yang terbesar di kawasan Timur Indonesia, yakni Kalla Group, mendapatkan dukungan dari Jusuf Kalla yang juga pendiri grup perusahaan tersebut. “Kegiatan ini dapat mempererat jalinan kerja sama pendidikan vokasi dalam dunia usaha dan dunia industri ke depannya,” tutur Wakil Presiden RI periode 2004-2010 dan 2011-2015 ini.

Kalla juga menegaskan bahwa Kalla Group telah memberi perhatian terhadap penyerapan tenaga vokasi dalam berbagai kejuruan, khususnya yang sesuai dengan bisnis Kalla Group untuk dapat magang di perusahaan tersebut.

Hal tersebut dibenarkan oleh Hariyadi Kaimuddin bahwa Kalla Group telah menjalin kerja sama dengan beberapa sekolah kejuruan dan politeknik yang berada di sekitar Kota Makassar untuk mendukung kemajuan pendidikan vokasi. Selain itu, “Lima belas peserta terbaik dari AVI ini akan diberi penghargaan untuk menggali pengalaman kerja dalam program magang di Kalla,” ujar Marketing & Business Development Director Kalla ini.

Tentunya, diselenggarakannya AVI Ke-3 yang ini diharapkan akan mampu memperkenalkan skill peserta didik vokasi, sekaligus memperluas penyerapan tenaga kerja dari pendidikan vokasi ke depannya. (Diksi/Tan/AP)

Komentar ( 0 )
Beri Komentar

01.