182 Dosen Vokasi Difasilitasi Tingkatkan Kompetensi

182 Dosen Vokasi Difasilitasi Tingkatkan Kompetensi

Bandung, Ditjen Vokasi - Dosen di perguruan tinggi vokasi dituntut untuk terus memperbaharui kompetensi agar bisa menghadirkan pendidikan vokasi yang kian relevan dengan perubahan dan perkembangan zaman. Oleh karena itulah, Politeknik Negeri Bandung (Polban) menyelenggarakan kegiatan Program Non-Degree, Peningkatan Kompetensi Dosen Vokasi Tahun 2023. 


Kegiatan Program Non-Degree, Peningkatan Kompetensi Dosen Vokasi Tahun 2023 dengan skema sertifikasi kompetensi dan sertifikasi profesi ini difasilitasi oleh Direktorat Kelembagaan dan Sumber Daya Pendidikan Tinggi Vokasi, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Pembiayaan untuk program peningkatan kompetensi ini dilakukan oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Kegiatan ini sendiri telah dibuka sejak awal September 2023 dan akan berlangsung hingga Oktober mendatang. 


Terkait kegiatan tersebut, Direktur Polban, Marwansyah, mengatakan bahwa seiring dengan perubahan teknologi yang melaju lebih cepat dibanding era sebelumnya, persyaratan kompetensi yang harus dimiliki oleh para dosen-dosen vokasi juga harus terus berubah. Dampaknya, pengetahuan dan keterampilan yang pernah dimiliki dari pendidikan dan pelatihan sebelumnya, pada saatnya sebagian akan menjadi usang (outdated atau obsolete). 


“Karena itu, pengembangan dan peningkatan kompetensi menjadi salah satu kewajiban profesional dosen,” kata Direktur Marwansyah. 


Menurut Direktur Marwansyah, salah satu kewajiban profesional dosen adalah meningkatkan dan mengembangkan kualifikasi akademik dan kompetensi secara berkelanjutan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Dengan demikian, seorang dosen dapat mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. 


“Selamat untuk seluruh dosen yang mendapatkan kesempatan pelatihan dan sertifikasi dosen tahun ini. Saya berharap, kegiatan ini dapat diikuti secara sungguh-sungguh dan penuh ketekunan,” kata Direktur Marwansyah. 


Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Kelembagaan dan Sumber Daya Pendidikan Tinggi Vokasi, Muhammad Fajar Subkhan, berharap program peningkatan kompetensi bagi para dosen ini tidak hanya memberikan manfaat bagi para dosen saja, tetapi juga mampu berdampak pada kompetensi mahasiswa vokasi yang akan semakin relevan dengan perkembangan dan tuntutan zaman, baik untuk saat ini maupun masa yang akan datang. 


Selain itu, Subkhan juga mengucapkan terima kasih kepada Politeknik Negeri Bandung yang tahun dinilai sangat luar biasa dalam menyelenggarakan program ini. Polban, Subkhan, menjadi penyelenggara pelatihan dengan jumlah peserta terbanyak, yakni mencapai 182 dengan 14 pelatihan.


“Selamat kepada para peserta dari perguruan tinggi vokasi di seluruh wilayah Indonesia yang telah lolos pada program peningkatan kompetensi dosen vokasi tahun 2023,” ujar Subkhan. 


Kegiatan pelatihan yang diselenggarakan oleh Polban pada bulan September dan Oktober 2023 terdiri atas Okupasi Tour Consultant, Fluid Flow of Cooling System, Best Practice Preventive & Predictive Maintenance, Pekerti, Applied Approach, Butt Weld Plate, Teknisi Akuntansi Ahli, Kepala Laboratorium, Manajer Mutu Laboratorium, Jaringan Komputer dan Internet Cisco Certified Network Associate CCNA-200-301, Penanggung Jawab Pengendalian Pencemaran Air, Certified Data Science Developer, Auditor Energi, dan Complete Power Plant Operation - Integrated Start-Up. (Polban/Nan/Cecep)