3 Fakta Musik Keroncong yang Perlu Kamu Ketahui

3 Fakta Musik Keroncong yang Perlu Kamu Ketahui

Bantul, Ditjen Vokasi – Saat kita bepergian ke satu tempat wisata pernahkah kalian menyaksikan pertunjukkan musik keroncong? Musik yang memiliki tempat di hati masyarakat Indonesia bahkan dunia


Alunan musiknya yang khas dan indah mampu memikat siapapun yang mendengarnya. Tak khayal jika ada pertunjukkan musik keroncong minat masyarakat yang datang selalu tinggi.


Akan tetapi, tahukah kamu terkait fakta-fakta tentang musik keroncong yang berkembang di Indonesia? Kali ini Cintya Berlianisa Smaranada, alumnus SMKN 2 Kasihan, Bantul, D.I. Yogyakarta ingin berbagi fakta terkait musik keroncong yang sering kita dengar ini.


Keroncong adalah jenis musik yang dibawa oleh bangsa Portugis ke Indonesia sekitar pada tahun 1661.


“Musik keroncong ini salah satu jenis musik yang membuat kita bisa bernostalgia karena memang dulunya pembuatan musik ini salah satunya dilatarbelakangi untuk mengenang momen-momen terdahulu. Musik ini kemudian dibawa ke Indonesia oleh orang Portugis dan berkembang di Kampoeng Toegoe Jakarta. Ngga hanya di Jakarta saja, musik ini juga berkembang ke daerah lain dan penyebutannya pun berbeda-beda,” ucap Cintya. 


Alunan musik keroncong dihasilkan dari kolaborasi beberapa instrumen, seperti ukulele, gitar, flute, biola, selo, dan kontrabas.


“Ukulele yang dipakai itu ada dua jenis antara lain cuk dan cak. Instrument gitar di sini dimainkan dengan gaya kontrapuntis atau anti melodi. Dalam keroncong juga tidak ada istilah melodi yang bisa dikatakan salah seperti musik barat,” tutur Cintya.


Musik keroncong sangat fleksibel karena musik ini bisa berdiri sebagai irama keroncong dan sebagai musik keroncong.


“Mungkin kita sering dengar lagu-lagu pop yang dikeroncongkan. Kalau itu namanya irama keroncong, sedangkan untuk musik keroncong asli itu ya kaya stambul dan langgam. Dari sini kita bisa lihat bahwa keroncong itu ngga saklek, dia bisa masuk atau dikolaborasikan dengan jenis lagu apa pun,” ucap Cintya.


Itu dia tiga fakta tentang musik keroncong yang perlu kamu ketahui. Musik keroncong ini bisa dipelajari dan dimainkan oleh siapapun. Buat kalian yang ingin belajar tentang musik keroncong ataupun jenis musik lainnya kalian bisa memilih SMK yang menawarkan Jurusan Seni Musik. Melalui pendidikan ini kalian akan digembleng dengan berbagai materi musik. (Aya/Cecep)