4 Prospek Menjanjikan Lulusan SMK Jurusan Usaha Layanan Pariwisata

4 Prospek Menjanjikan Lulusan SMK Jurusan Usaha Layanan Pariwisata

Yogyakarta, Ditjen Vokasi – Apa yang kalian pikirkan saat mendengar jurusan yang berkaitan tentang pariwisata? Apakah langsung terbesit pikiran jalan-jalan? Tidak salah karena pariwisata identik dengan berwisata.


Industri pariwisata merupakan salah satu penyumbang devisa terbesar di negara kita lo. Sektor pariwisata di negara kita terus mengalami kebangkitan dan perkembangan dari waktu ke waktu. Banyak wisatawan, baik lokal ataupun mancanegara yang sengaja datang ke Indonesia untuk menikmati suguhan wisata di negara kita. Perkembangan pariwisata yang begitu pesat menuntut kita untuk menyediakan sumber daya manusia yang mumpuni dalam bidangnya. Tak khayal, karena inilah yang menjadikan lulusan SMK Jurusan Usaha Layanan Pariwisata (ULP) memiliki prospek karier yang menjanjikan.


Kira-kira apa saja sih pekerjaan yang bisa dimiliki oleh lulusan Jurusan ULP, jurusan yang mempelajari semua aspek rule perjalanan ini. Ada 4 (empat) prospek karier menjanjikan yang bisa didapatkan oleh jurusan ini. Yuk simak selengkapnya di bawah ini.


  1. Travel Consultant

Seorang travel consultant akan sering berhubungan dengan pembuatan rencana perjalanan yang disesuaikan dengan anggaran belanja konsumenmu. Mereka juga berkewajiban untuk memberikan informasi lengkap mengenai harga paket perjalanan, kelebihan, hingga kekurangan dari masing-masing paket perjalanan.


“Sebagai seorang travel consultant, mereka biasanya akan mengurusi mulai dari persiapan perjalanan, akomodasi yang digunakan, hingga tujuan destinasi wisata yang akan dikunjungi,” ucap Eka Purwanto, Ketua Program Keahlian Usaha Layanan Pariwisata, SMKN 6 Yogyakarta.


  1. Tour Guide

Saat kalian berwisata pernah tidak melihat wisatawan lain dijelaskan terkait objek-objek yang ada di tempat tersebut oleh pemandu wisata? Pemandu wisata ini biasa juga disebut dengan tour guide. Peran mereka sangat penting untuk mengenalkan objek wisata ke pengunjung, terutama bagi pengunjung yang belum tahu-menahu tentang objek wisata tersebut, seperti turis.


“Seorang guide bertugas untuk menemani wisatawan selama perjalanan wisata, melindungi serta memberikan jaminan keselamatan wisatawan, dan memberikan penjelasan sebaik mungkin terkait suatu objek wisata,” ucap Eka.


  1. Travel Blogger

Siapa sih yang tidak mau jalan-jalan, tapi bisa menghasilkan uang? Rasa-rasanya setiap orang pasti ingin seperti itu. Salah satu pekerjaan yang bisa dikerjakan oleh lulusan Jurusan ULP ialah menjadi travel blogger. Kalian cukup menceritakan perjalanan kalian dalam sebuah blog saja. Banyak hal yang bisa kalian catat seperti tip, perlengkapan yang perlu dibawa, dan suka duka selama perjalanan. Selain itu, dengan menjadi travel blogger kalian juga ikut berpartisipasi dalam mempromosikan destinasi wisatanya juga lo.


  1. Wirausaha

Siapa sangka materi MICE yang didapatkan selama pendidikan dapat membuat kalian memiliki usaha sebuah event organizer (EO). Saat ini, bisnis EO memiliki peluang yang sangat menjanjikan. Banyaknya event yang digelar membuat banyak orang berlomba-lomba untuk menggunakan jasa EO.


“Adanya materi ini sebetulnya membekali siswa untuk belajar mengoordinasikan dan berkomunikasi. Ilmu ini penting siapa tahu dari sekian siswa ada yang berkeinginan untuk mendirikan EO. Apalagi sekarang banyak orang yang bikin acara, tetapi tidak mau ribet, akhirnya mereka menggunakan jasa IO untuk mempercayakan kelancaran acaranya,” ucap Eka.


Nah, itu dia 4 pekerjaan yang bisa kalian geluti apabila mengambil jurusan ini. Tentunya masih ada jenis pekerjaan lain yang bisa kalian dapatkan yah. (Aya/Cecep)