AKN Seni Budaya Yogyakarta Semarakkan FKY 2022

AKN Seni Budaya Yogyakarta Semarakkan FKY 2022

Yogyakarta, Ditjen Vokasi - Setelah sempat lama terhenti akibat adanya pandemi Covid 19, kini Festival Kebudayaan Yogyakarta (FKY) kembali digelar pada bulan September 2022 yang diresmikan oleh Ngarsa Dalem Sri Sultan Hamengku Buwono X di Area Pedestrian, Teras 1, Malioboro, Yogyakarta.

 

Perhelatan FKY tentunya menjadi kabar gembira pagi para pegiat maupun penikmat seni budaya, khususnya di sekitar wilayah Yogyakarta. Pasalnya, acara tersebut merupakan acara yang telah dinanti-nantikan selama dua tahun belakangan.

 

Pada acara pembukaan, FKY menampilkan beragam tarian budaya yang ditampilkan oleh perwakilan dari beragam sanggar budaya, di antaranya persembahan tarian dari Akademi Komunitas Negeri (AKN) Seni Budaya Yogyakarta. Seperti yang ditampilkan Luvita Pradana Puspita Sari, salah satu dosen AKN Seni Budaya Yogyakarta yang turut menjadi koreografer pada FKY untuk menyajikan kesenian rakyat Badui khas Sleman Yogyakarta yang dipersembahkan oleh Sanggar Krincing Manis.

 

“Sangat senang dan bangga atas prestasi ini. Tidak semua sanggar dilibatkan dalam tarian pembukaan, hanya satu sanggar sebagai perwakilan per kabupaten,” ujar Luvita.

 

Luvita menambahkan, sanggar-sanggar yang terlibat dalam acara pembukaan FKY, yakni Sanggar Pendapa Budaya dari Kabupaten Bantul yang menampilkan tarian Montro, Sanggar Sri Panglaras dari Kabupaten Kulon Progo yang menampilkan tarian Angguk, Sanggar Kendhalisada dari Kabupaten Gunung Kidul yang menampilkan tarian Reog Keprajuritan, Sanggar Ngelancur dari Kota Yogyakarta yang menampilkan tarian Edan-edanan, serta sanggar Krincing Manis dari Kabupaten Sleman yang menampilkan tarian Badui khas Sleman.

 

“Sebuah kehormatan dapat terlibat dalam acara pembukaan FKY yang dihadiri langsung oleh Ngarsa Dalem Sri Sultan Hamengku Buwono X,” tuturnya. 

 

Hal itu juga turut dirasakan oleh Irwandi Riyadi, salah satu alumni AKN Seni Budaya Yogyakarta yang juga terlibat dalam acara tersebut. “Saya sendiri jujur dan nervous juga. Lebih-lebih acara tersebut dihadiri langsung oleh Ngarsa Dalem untuk meresmikan pembukaan FKY 2022 ini,” ungkap Irwandi.

 

Pembukaan FKY sendiri berjalan lancar dan mendapatkan antusias yang luar biasa dari masyarakat. (Diksi/Tan/AP/NA)