Berbagai Profesi Menjanjikan untuk Jurusan Perhotelan

Berbagai Profesi Menjanjikan untuk Jurusan Perhotelan

Jakarta, Ditjen Vokasi - Perkembangan industri pariwisata khususnya pascapandemi Covid-19 mulai meningkat kembali. Semua itu tak terlepas dari tumbuhnya bisnis perhotelan dan kuliner serta terciptanya SDM unggul melalui pendidikan vokasi.


Pendidikan vokasi di perguruan tinggi vokasi, sekolah menengah kejuruan (SMK), ataupun lembaga kursus dan pelatihan (LKP) mempersiapkan peserta didik untuk dapat adaptif di industri, tak terkecuali lulusan Jurusan Perhotelan


Lantas, apa saja profesi yang menjanjikan untuk Jurusan Perhotelan. Berikut ini adalah 5 (lima) profesi yang menjanjikan Jurusan Perhotelan menurut Ishviastuti Oskar, Direktur Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (LPP) Ariyanti, Bandung, Jawa Barat.


  1. Pengusaha Hotel, Resto, dan Kuliner

Lulusan perhotelan memiliki peluang yang besar untuk menjadi pengusaha di bidang perhotelan dan restoran. Lulusan perhotelan juga memiliki kompetensi yang mengombinasikan antara bisnis dan pengelolaan hotel atau restoran. Dengan begitu, mereka tidak akan asing dengan melihat peluang pasar, strategi pemasaran, sampai menyusun rencana operasional.


  1. Chef

Bagi kamu yang senang di dunia kuliner, tidak menutup kemungkinan untuk berprofesi menjadi chef. Jurusan Perhotelan memiliki kurikulum yang dirancang untuk menjadi spesialis tata boga. Hal tersebut sejalan dengan tugas seorang chef yang bukan hanya memasak makanan dan minuman, tetapi juga menciptakan menu-menu baru.


  1. Juru Masak Pastri (Patisserie)

Hampir sama dengan chef, juru masak pastri atau patisserie juga berkaitan dengan kuliner. Hanya saja menu yang disajikan cukup berbeda. Juru masak pastri biasanya membuat menu dessert, seperti kue, tart, dan lain sebagainya.  


  1. Barista 

Kamu tertarik bekerja di kedai kopi atau kafe? Bekerja sebagai barista bisa jadi pilihan. Barista sangat erat kaitannya dengan meracik kopi, bahkan di beberapa kafe, barista pun ikut melayani pelanggan. Semua keterampilan tersebut bisa dipelajari di lembaga pendidikan dan pelatihan (LPP) atau lembaga kursus dan pelatihan (LKP).


  1. General Manager

Jurusan Perhotelan berpotensi besar mencetak alumninya menjadi seorang general manager di hotel ataupun restoran. Semua itu tentu saja diperoleh dari pengalaman kerja, kecakapan, dan keterampilan sehingga tidak menutup kemungkinan menjadi general manager yang berwenang mengurus semua operasional hotel dan restoran. (Zi/Cecep Somantri)