Buka 4 Outlet, Kisah Alumni Program PKW Sukses Rintis Usaha Roti Bakar

Buka 4 Outlet, Kisah Alumni Program PKW Sukses Rintis Usaha Roti Bakar

Pare-pare, Ditjen Vokasi - Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) telah menjadi batu loncatan bagi banyak individu yang bermimpi untuk menjadi pengusaha sukses. Salah satu kisah inspiratif datang dari para alumni program PKW 2023 dari Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Satria, Pare-Pare. Mereka telah berhasil membuka empat outlet roti bakar di berbagai lokasi. 


Nurbathin bersama timnya membuka outlet Dapur Djempol setelah menyelesaikan pelatihan tata boga, khususnya bidang cake and bakery. Bagi mereka, program PKW memberikan pengalaman yang luar biasa untuk berwirausaha di bidang boga.


“Kami berempat benar-benar mulai belajar dari nol di bidang bakeri tapi berkat ikut program ini, kami jadi tahu banyak,” ujar Nurbathin mewakili teman-temannya yang lain.



Gadis 24 tahun itu pun menambahkan, bahwa ia bersama temannya pun bahkan sebelumnya tidak mengetahui perbedaan tepung protein tinggi, rendah, dan sedang. Namun, berkat pelatihan intensif bersama instruktur kompeten dari LKP Satria, mereka bisa mengejar ketertinggalan.


“Sebelumnya kami pun belum punya pekerjaan tetap. Alhamdulillah berkat ikut program PKW kami bisa merintis usaha dan punya penghasilan,” pungkas Nurbathin.


Program PKW  merupakan program prioritas dari Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Kursus dan Pelatihan. Program ini melatih peserta didik di LKP dengan berbagai keterampilan sehingga nantinya dapat merintis usaha. 


Modal Dua Juta, Omzet Sampai Rp60 juta