Dapatkan Tambahan Cuan dari Dekorasi Pernikahan, Alumni Tata Rias Pengantin Wajib Tahu

Dapatkan Tambahan Cuan dari Dekorasi Pernikahan, Alumni Tata Rias Pengantin Wajib Tahu

Cimahi, Ditjen Vokasi - Tidak hanya berfokus pada riasan, tetapi alumni kursus tata rias pengantin juga dapat menambah peluang bisnis ke bidang dekorasi. Contohnya adalah Veni (25), perempuan muda yang mengembangkan usaha riasnya ke dekorasi pengantin sejak tahun 2019.


Pada awalnya, Veni merupakan alumni kursus rias pengantin di LKP Nuning tahun 2016 dan hanya membuka jasa makeup artist (MUA) pengantin saja dengan nama Veni Wedding. Namun, karena ia pernah kecewa dengan vendor dekorasi untuk kliennya, ia bertekad untuk membuka usaha dekorasi pengantin secara mandiri. 


“Menurut saya, dekorasi dan rias adalah satu kesatuan yang berkesinambungan sehingga keduanya sering dicari secara bersamaan. Saya tidak merasa kesulitan untuk mengelola keduanya,” tutur Veni.


Veni mengatakan bahwa dekorasi pengantin merupakan bisnis yang menjanjikan. Ia pernah mendapatkan omzet untuk khusus dekorasi pengantin sebesar Rp100 juta dalam sebulan. Sementara itu, untuk semua paket, ia pernah mendapatkan omzet Rp250 juta. 


Bagi alumni tata rias pengantin yang menginginkan terjun ke dekorasi, Veni memberikan beberapa tip untuk memulai bisnis dekorasi pengantin. 


  1. Mulai dengan dekorasi sederhana

Berdasarkan pengalamannya, Veni memulai rias dekorasi dengan dekorasi pernikahan secara langsung. Waktu itu, ia cukup mengeluarkan biaya yang lumayan besar. Maka dari itu, bagi MUA yang ingin terjun ke bisnis dekorasi, bisa memulai dekorasi simpel terlebih dahulu, seperti dekorasi ulang tahun ataupun dekorasi lamaran. Setelah itu, barulah menyicil bahan dekorasi lainnya.


  1. Belajar dari kesalahan

Sebelum berada di titik sekarang, Veni pun berusaha terus menerus untuk membuat dekorasi pengantin yang terbaik sesuai keinginan klien. Ia pernah membuat rangka dekor yang awalnya cuma untuk satu model, tetapi seiring berjalannya waktu, ia menyadari bahwa rangka dekorasi tersebut bisa digunakan untuk semua model sehingga menjadi lebih hemat. 


  1. Bekerja sama dengan tim 

Pengelolaan manajemen yang baik juga menjadi kunci dalam kesuksesan wedding organizer. Pada awalnya, Veni mengelola dekorasi pengantin sendiri. Akan tetapi, sekarang ia sudah mempunyai 6 orang tim produksi khusus mendekor, sementara ia sendiri yang tetap mendesain dekorasinya. 


  1. Bedakan dekorasi outdoor dan indoor

Veni juga memberikan tip mengenai dekorasi outdoor dan indoor. Veni menjelaskan bahwa dekorasi outdoor khususnya untuk garden party biasanya tidak menggunakan bahan-bahan yang mudah rusak jika terkena hujan atau panas berlebih. Sementara untuk dekorasi indoor, ia menyesuaikan dengan bentuk ruangan. 


  1. Konsisten dan kolaborasi dengan vendor lain

Veni menyarankan bagi MUA yang baru merambah ke bisnis dekorasi sebaiknya tetap konsisten dan optimis. Meskipun, mungkin di awal bisnis, klien masih bisa dihitung jari. Ia juga mengimbau agar bisa bekolaborasi dengan vendor lain agar semakin dikenal. (Zia/Nur Arifin)