Dorong Inovasi dan Kreativitas Mahasiswa, Polinela Resmikan PKM Center

Dorong Inovasi dan Kreativitas Mahasiswa, Polinela Resmikan PKM Center

Lampung, Ditjen Vokasi - Politeknik Negeri Lampung (Polinela) terus berupaya mendorong lahirnya prestasi dan karya-karya inovasi dari para mahasiswanya. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mendirikan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Center. 

 

PKM Center Polinela diharapkan menjadi wadah untuk menyatukan tekad dan semangat kuat dalam menggali potensi dan inovasi mahasiswa Polinela pada program PKM-Pimnasuntuk mewujudkan cita-cita besar meraih puncak tertinggi penghargaan di bidang program penalaran, yaitu Program Kreativitas Mahasiswa, kata Ketua UKM Smart, Aldenny Rezky Roham, dalam laporannya saat launching PKM Center Polinela beberapa waktu lalu. 

 

Sebagai informasi, Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan  salah satu kegiatan yang berupaya untuk menumbuhkan, mewadahi, dan mewujudkan ide kreatif dan inovatif mahasiswa dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Pimnas adalah tahap terakhir dari pelaksanaan kegiatan PKM yang menjadi wadah berskala nasional bagi mahasiswa peserta yang berasal dari jalur PKM dan non-PKM untuk mempresentasikan dan saling berkomunikasi melalui produk kreasi intelektual karya mereka.  

 

Sementara itu, Wakil Direktur III Polinela, Agung Adi Chandra, dalam sambutannya mengatakan bahwa Polinela sebagai salah satu perguruan tinggi vokasi negeri yang ada di Indonesia memiliki peran strategis dalam upaya menghasilkan manusia Indonesia yang berilmu dan berkarakter. Oleh karena itu, pihak kampus terus berupaya agar para mahasiswa ini dapat berperan aktif dalam pembangunan bangsa dan negara, utamanya untuk menyikapi dan menjawab perubahan serta tantangan global. 

 

Dengan mengikuti perlombaan di ajang PKM-Pimnas ini diharapkan dapat menjadi landasan penanaman karakter dan perilaku positif bagi mahasiswa untuk bertindak jujur, objektif, berintegritas, dan menghargai karya orang lain secara sportif dan menjawab berbagai permasalahan yang ada di masyarakat, kata Agung. 

 

Agung menambahkan bahwa selama ini Polinela sangat mendukung berbagai upaya untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi para mahasiswanya. Ke depannya, kegiatan peningkatan prestasi mahasiswa di bidang PKM ini diharapkan akan menjadi motivasi dan wahana bagi mahasiswa agar dapat berkontribusi dalam kegiatan yang bernilai positif. 

 

Kami meyakini peran penting kontribusi dan prestasi mahasiswa bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Untuk itulah, selamat dan terima kasih kepada seluruh mahasiswa atau pembukaan PKM Center ini. Selamat berlomba dan memperoleh prestasi pada ajang Pimnas,” kata Agung. 

 

PKM Center Polinela sendiri resmi dibuka oleh Wakil Direktur III Polinela, Agung Adi Candra, pada Selasa (17-1-2023). Peresmian PKM Center Polinela ini berlangsung di Gedung Serba Guna (GSG) dan dihadiri oleh Direktur Polinela, Kepala Humas Polinela, pengurus UKM Smart, dan mahasiswa penerima beasiswa KIP-K. (Polinela/Nan/Adi Sutrisno)