Hasilkan Banyak Produk Inovatif, BPPMPV KPTK Selenggarakan Gelar Karya Guru Vokasi

Hasilkan Banyak Produk Inovatif, BPPMPV KPTK Selenggarakan Gelar Karya Guru Vokasi

Gowa, Ditjen Vokasi -  Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) terus berupaya dalam peningkatan kompetensi guru vokasi. Salah satu upayanya ialah melalui program Upskilling dan Reskliing Guru Vokasi sehingga berdampak pada pembelajaran siswa sesuai dengan standar industri. 


Dalam rangka tindak lanjut dari program Upskilling dan Reskilling Guru Vokasi, Balai Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Kelautan, Perikanan, dan Teknik Informasi dan Komunikasi (BPPMPV KPTK) menyelenggarakan program Gelar Karya BPPMPV KPTK 2023. Kegiatan tersebut pun diselenggarakan pada 5—6 Desember 2023 di Kompleks BPPMPV KPTK, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.


Pada pembukaan Gelar Karya BPPMPV KPTK, Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Kiki Yuliati, turut memberikan apresiasi kepada seluruh peserta yang hadir. 



“Kegiatan ini menjadi bukti bahwa progres kinerja BPPMPV KPTK semakin cepat. Tentunya hal ini berguna untuk mendorong mempersiapkan Indonesia Emas 2045” ungkap Dirjen Kiki pada Selasa (5-12-2023)


Dirjen Kiki menyampaikan bahwa program ini dapat menjadi terobosan bagi guru vokasi bidang kelautan, perikanan, dan teknologi informasi dan komunikasi untuk terus berkarya dan berinovasi. Tak hanya itu, Dirjen Kiki pun memberikan semangat dan pesan kepada peserta didik SMK yang turut hadir menyemarakkan acara.


“Di 100 tahun Indonesia nanti, kalian lah yang akan memimpin negara. Untuk itu, teruslah berinovasi dan tingkatkankanlah kompetensi diri,” pungkas Dirjen Kiki.


Senada dengan Dirjen Kiki, Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden, Tri Santoso, memberikan apresiasi kepada BPPMPV KPTK karena sukses menyelenggarakan acara tersebut. Sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo, vokasi merupakan kebutuhan negara saat ini untuk mempersiapkan SDM unggul di 2045.


“Saya menggarisbawahi arahan Presiden, bahwa Presiden menekankan sektor pembangunan manusia. Salah satunya ialah dengan pendidikan dan pelatihan vokasi. Di sini saya melihat peran strategis BPPMPV KPTK untuk menghasilkan SDM yang kompeten melalui pelatihan para guru,” ungkap Tri dalam sambutannya. 


Dalam laporan kegiatan pembukaan, Kepala BPPMPV KPTK, Lismanto, menyampaikan bahwa terdapat 31 bidang kompetensi yang mengisi pameran. 


“Tahun ini, jumlah realisasi peserta program Upskilling dan Reskilling di KPTK sekitar 1.000 orang lebih. Kami ingin mengetahui sejauh mana peserta menindaklanjuti hasil pelatihan itu sehingga kami ingin mengundang peserta untuk mengisi stan pameran yang telah dikurasi,” jelas Lismanto mengungkapkan latar belakang kegiatan tersebut. 


Kolaborasi Lahirkan Inovasi

Setelah proses pembukaan selesai, Dirjen Kiki didampingi dengan Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Direktur) dan para direktur di lingkungan  Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi mengunjungi stan pameran. Dalam kesempatan tersebut, Dirjen Kiki pun memberikan apresiasi besar kepada peserta yang telah menuntaskan program Upskilling dan Reskilling.


“Selamat Bapak dan Ibu guru yang sudah menuntaskan pelatihan dan mengimplementasikannya pada pembelajaran siswa di sekolah,” tutur Dirjen Kiki. 


Salah satu guru alumni dari program Upskilling dan Reskilling Guru Vokasi adalah Ery Saptarini, guru dari SMKN 1 Suboh, Situbondo, Jawa Timur. Ia merupakan guru Jurusan Agribisnis Perikanan Payau dan Laut yang turut mengikuti program Upskilling dan Reskilling 2023.



“Produk yang kami hasilkan adalah Jamuasik. Jamuasik merupakan jamu asam amino probiotik yang merupakan suplemen pakan untuk ikan dan udang,” ungkap Ery. 


Produk Jamuasik ini sudah dipasarkan ke petambak ikan dan udang di sekitar Situbondo. Proses pembuatan produk dan budi daya pun menjadi project based learning (PBL) siswa sehingga siswa mempunyai bekal dalam pembuatan pakan maupun budi daya. Selain Jamuasik, produk dari SMKN 1 Suboh pun terdapat ‘Ecemca’ yang merupakan pakan larva udang/ikan berprotein tinggi serta benur udang vaname.


Tak hanya pameran hasil program Upskilling dan Reskilling Guru Vokasi, kegiatan Gelar Karya BPPMPV KPTK 2023 ini pun menampilkan pameran literasi bahari. Pameran tersebut didesain dengan menarik sebagai cara untuk menambahkan wawasan pengunjung terkait perkembangan terkini di bidang kelautan, perikanan, teknologi informasi, dan komputer.


Selain pameran, Gelar Karya BPPMPV KPTK 2023 pun semakin meriah dengan Penyerahan Relisensi LSP KPTK oleh BNSP, Pengukuhan Dharma Wanita BPPMPV KPTK, dan sesi talkshow. (Zia/Cecep)