Hita Ursula: Konser Memeluk Mimpi-Mimpi Jadi Kesempatan Emas Mengasah Skills Bersama Para Profesional

Hita Ursula: Konser Memeluk Mimpi-Mimpi Jadi Kesempatan Emas Mengasah Skills Bersama Para Profesional

Jakarta, Ditjen Vokasi - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) akan menggelar konser musikal bertajuk “Memeluk Mimpi-Mimpi” yang akan menampilkan pertunjukan orkestra SMK Negeri 2 Kasihan, Bantul, D.I. Yogyakarta. Salah satu siswi SMKN Kasihan yang terlibat dalam konser tersebut adalah Hita Ursula yang berperan sebagai Concert Master. Concert Master merupakan orang terpenting kedua setelah konduktor dalam orkestra. 


“Istilahnya seperti pemimpin kedua yang berfungsi sebagai penghubung antara konduktor dengan orkestra,” kata Hita tentang tugasnya dalam konser tersebut. 


Keterlibatan Hita dalam sebuah konser sebenarnya bukan kali pertama. Sebelumnya, Hita yang memainkan alat musik biola ini tercatat juga pernah terlibat dalam sejumlah konser-konser orkestra bergengsi, di antaranya adalah Orkestra Gita Bahana Nusantara (2023) dan Youth Music Camp (2023). 


“Saya juga pernah terlibat dalam SEAMEX 2019 (Southeast Asia Music Education Exchange),” tambah Hita yang juga pernah terlibat sedikitnya dalam 10 pertunjukan orkestra selama menjadi murid di SMKN 2 Kasihan ini. 


Terkait dengan keterlibatannya dalam konser Memeluk Mimpi-Mimpi, Hita mengaku sangat senang bisa mendapat kesempatan untuk bergabung dalam acara musikal Memeluk Mimpi-Mimpi.  


“Saya sangat excited dalam menjalankan seluruh produksi ini,” ujar Hita.


Ia mengaku dengan tergabung dalam konser musik ini, ia mendapat kesempatan secara langsung untuk bekerja sama dan mencari ilmu bermusik dengan beberapa musisi dan artis besar tanah air. 




“Apalagi artis-artis yang terlibat merupakan idola saya selama ini,” Hita menambahkan. 

 

Hita mengaku mendapatkan cukup banyak kesan baik selama proses latihan dari awal sampai saat ini.


“Dengan pengalaman ini dapat memacu semangat para pelajar khususnya musisi muda seperti saya untuk berani tampil serta mau dan yakin untuk mengkreasikan karya serta skills yang sudah diasah untuk memajukan pemuda Indonesia,” kata Hita.


Sebagai informasi, konser musikal Memeluk Mimpi-Mimpi akan berlangsung pada 25 April 2024 mendatang di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat. Konser ini akan menyuguhkan penampilan orkestra apik dari siswa-siswi SMKN 2 Kasihan, Bantul, D.I. Yogyakarta. 


Bakat-bakat bermusik dari salah satu sekolah musik tertua di Indonesia tersebut akan beradu dengan sejumlah musisi, artis/aktor papan atas Indonesia, seperti Sherina Munaf, Mawar De Jongh, Ario Bayu, Isyana Sarasvati, Danu Kusumawardhana, Happy Salma, dan sejumlah artis lainnya.  


Pada konser musikal ini, para siswa akan mempersembahkan lagu-lagu pop dan klasik, di mana lagu-lagu tersebut kemudian akan ditafsir ulang dan dinarasikan serta berkolaborasi dengan beberapa seniman tanah air.  


“Cerita dalam konser ini berkisah tentang lika-liku perjalanan keempat manusia yang sedang beranjak dewasa dalam menggapai mimpi dan mencari cinta,” kata Happy Salma yang berperan sebagai produser dalam konser musikal Memeluk Mimpi-Mimpi. (Nan/Cecep)