Ikut Kursus Digital Marketing? Inilah Tip Pakai Facebook Ads Biar Iklan Tepat Sasaran

Ikut Kursus Digital Marketing? Inilah Tip Pakai Facebook Ads Biar Iklan Tepat Sasaran

Surakarta, Ditjen Vokasi - Digital marketing atau pemasaran digital merupakan ilmu yang sangat luas dan berguna untuk kebutuhan industri saat ini. Tak heran, banyak industri yang membutuhkan tenaga kerja di bidang tersebut. Maka dari itu, pendidikan vokasi melalui kursus digital marketing menjadi jawaban untuk menjawab tantangan terkait kebutuhan tenaga kerja di bidang digital marketing.


Salah satu bagian yang dipelajari di digital marketing adalah mengenai iklan di media sosial, khususnya adalah Facebook Ads. Facebook Ads adalah layanan iklan berbayar yang disediakan oleh Meta sehingga seseorang bisa mengiklankan sesuatu di platform Facebook dan Instagram. Cara ini dapat memudahkan penjualan dan branding suatu produk. 


Jika kamu masih awam dengan Facebook Ads, tak masalah. Arif Dwi Purwanto selaku instruktur Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Istibank membagikan seluk beluk mengenai Facebook Ads sekaligus tip penggunaan Facebook Ads agar iklan tepat sasaran. Seperti apa tipnya? 


  1. Kenali Target Audiens

Sebelum mengiklan, penting sekali untuk menentukan target audiens. Buatlah sespesifik mungkin target audiens untuk produk yang kamu jual. Gunakanlah fitur targeting yang yang terdapat di Facebook sehingga dapat menjangkau orang-orang yang mungkin tertarik dengan produk atau layanan kamu. Contohnya adalah produk roti, maka kamu dapat membuat target audiens, mulai dari lokasi audiens, umur, jenis kelamin, minat, dan perilaku. Menurut Arif, hindari lokasi audiens yang terlalu jauh agar lebih maksimal.


  1. Fokus ke Tujuan Kampanye

Dalam mengkampanyekan sebuah iklan di media sosial, kamu juga perlu tahu tujuannya. Apakah tujuannya ialah untuk awareness/kesadaran, consideration/pertimbangan, atau conversion/konversi. Jika kamu ingin iklan tersebut untuk meningkatkan engagement seperti jumlah viewers dan followers, kamu dapat memilih awareness atau consideration. Namun, jika kamu ingin iklan tersebut untuk penjualan dan kunjungan toko, kamu bisa menggunakan conversation


  1. Gunakan Gambar dan Visual yang Menarik

Media sosial adalah platform yang tak terlepas dari visual. Oleh karena itu, penting untuk membuat iklan dengan visual yang dapat menarik perhatian pengguna media sosial. Pastikan juga agar visual tersebut berkualitas tinggi dan relevan dengan pesan iklan yang kamu buat. Dengan begitu, pengguna akan mengklik tombol call to action (CTA) terkait konten iklan tersebut. 


  1. Pilih CTA dengan Jelas

Dalam menggunakan iklan, kamu juga perlu memilih CTA dengan jelas. CTA adalah sebuah instruksi atau ajakan bertindak yang terdapat di suatu kampanye iklan. Sebagai contoh, jika tujuan kamu adalah penjualan, kamu bisa menggunakan CTA ‘Belanja Sekarang. Selain itu jika tujuan kampanye kamu adalah untuk awareness atau consideration maka bisa menggunakan CTA ‘Pelajari Lebih Lanjut’.


  1. Pantau dan Analisis Iklan

Keberhasilan suatu iklan pun dapat terlihat dengan pemantauan dan menganalisisnya. Gunakanlah alat analisis Facebook untuk melacak kinerja iklan yang kamu buat secara teratur. Setelah itu, identifikasi apakah iklan tersebut sudah berhasil atau tidak dan gunakan wawasan ini untuk meningkatkan strategi iklan kamu selanjutnya. 


Dengan menggunakan beberapa tip di atas, kamu bisa memaksimalkan kinerja iklan yang kamu buat. Semoga kelima tip tersebut pun dapat membantu kamu untuk mempelajari digital marketing. (Zia/Cecep)


Sumber foto: Freepik