Ingin Jadi MUA, Ini Tipsnya!

Ingin Jadi MUA, Ini Tipsnya!

Bekasi, Ditjen Vokasi -- Menjadi make up artist (MUA) merupakan salah satu profesi yang bisa ditekuni oleh lulusan SMK bidang kompetensi Tata Kecantikan Kulit dan Rambut (TKKR). Profesi ini juga cukup menjanjikan. Penghasilan seorang MUA pemula di Indonesia berkisar ratusan ribu hingga jutaan rupiah untuk sekali merias. Angka tersebut tentu akan terus meningkat seiring dengan reputasi sang MUA.

 

Selain bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah, keuntungan lain dari profesi ini adalah bisa dijalani sebagai sambilan. Jadi, bisa menambah pendapatan kalian, bukan?

 

Lalu, apa saja yang harus dipersiapkan untuk bisa merintis karier ini? Berikut tips yang dibagikan oleh Iin Sulistiawati, pimpinan Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Trias Beauty, salah satu LKP di wilayah Bekasi yang menyelenggarakan kursus tata kecantikan : 

 

1. Belajar dan Berlatih 

Selain melalui pendidikan formal di SMK, untuk merintis jalan sebagai MUA juga bisa dilakukan dengan mengambil kursus-kursus kecantikan. Sejumlah lembaga kursus biasanya menyediakan paket-paket kursus untuk menjadi MUA.

 

Selain belajar, agar bisa lebih kompeten sebagai MUA, kalian juga harus banyak berlatih. Semakin sering berlatih bisa menajamkan keterampilan dan menguasai berbagai teknik make up.

 

2. Investasi Alat

Tidak perlu mulai dari alat yang mahal, yang penting alat dan produk make up tersebut sesuai dengan berbagai jenis kulit, aman, dan telah mendapatkan izin edar dari BPOM.

 

3.  Buat Portofolio   

Biasanya sebelum menggunakan jasa MUA, orang terlebih dahulu melihat portofolio dari sang MUA. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk membuat banyak portofolio kalian sendiri. Manfaatkan sosial media untuk menyajikan portofolio dari hasil riasan kalian.

 

4. Bangun Network 

Network penting sebagai jalan untuk mempromosikan jasa MUA. Apalagi, ketika kalian ingin masuk ke industri MUA profesional. Cobalah untuk menjalin relasi dengan wedding organizer (WO), melamar di stasiun TV/hiburan, production house, dan sebagainya yang sering membutuhkan MUA untuk merias wajah artis. 

 

5. Bersikaplah Profesional 

Ketika sudah dipercayai oleh banyak orang, seorang MUA yang profesional dengan sikap ramah, tepat waktu, dan bisa mengenali kebutuhan make up kliennya pastilah akan lebih sering mendapatkan langganan atau rujukan. (Diksi/Nan/AP/NA)