Ini Dia Manfaat Ikut Kelas Industri!

Ini Dia Manfaat Ikut Kelas Industri!

Jakarta, Ditjen Vokasi -- Bagi siswa SMK, kalian tentu sudah tidak asing dengan istilah kelas industri, kan? Di SMK, kelas industri ini biasanya melibatkan mitra dunia usaha dan dunia industri (DUDI). Salah satunya adalah kelas industri GameLab yang diselenggarakan antara perusahaan GameLab dengan sejumlah SMK di Indonesia, misalnya di SMKN 1 Matesih, Karanganyar, Jawa Tengah.

 

Sebagai program pengadaan kelas khusus dalam lingkungan sekolah, kelas industri biasanya dikelola secara bersama-sama antara sekolah dengan industri. Sekolah diberikan kebebasan untuk mencari rekanan dan bekerja sama dengan industri yang sesuai dengan kompetensi di yang ada di sekolah tersebut.

 

Melalui kerja sama langsung antara sekolah dengan industri maka diharapkan kelas industri ini akan mampu meningkatkan kompetensi keahlian siswa, sekaligus menciptakan sumber daya manusia (SDM) dari SMK yang lebih berkualitas.

 

Sebelum masuk kelas industri, biasanya siswa akan melalui sejumlah tahapan seleksi terlebih dahulu. Nah, lantas apa saja manfaat yang dapat diperoleh siswa SMK yang mengikuti kelas industri ini? Berikut rangkumannya:

 

Lebih Fokus

Di dalam kelas industri, siswa SMK bisa lebih fokus dalam mendalami materi yang didapatkan di sekolah. Tidak hanya materi yang sudah dikuasai, tetapi juga bisa fokus dalam mempraktikkan apa yang dipelajari secara langsung di industri.

 

Meningkatkan Skills 

Di kelas industri, keterampilan, gagasan, dan pengetahuan kalian akan semakin terasah sehingga bisa meningkatkan skills secara profesional. Keuntungan ini tentu akan sangat berguna dan membuat kamu lebih siap menghadapi dunia industri. 

 

Menghasilkan SDM Berkualitas 

Dengan kegiatan pelatihan dan pendidikan yang intensif di kelas industri, siswa SMK dibentuk menjadi SDM yang mempunyai keterampilan dan keahlian profesional, dengan pengetahuan yang memadai dan etos kerja yang tinggi. 

 

Menjalin Kerja Sama

Dengan adanya program kelas industri, pihak sekolah dan industri bisa menjalin kerja sama yang baik di dunia usaha ataupun industri. 

 

Bisa Langsung Kerja

Beberapa kelas industri biasanya menawarkan program rekrutmen langsung terhadap para siswa dalam kelas tersebut. Artinya, kalian bisa langsung bekerja setelah lulus. Akan tetapi, ini akan sangat tergantung dari kerja sama kelas industri yang dibuat serta syarat kualifikasi yang diterapkan oleh industri terkait. (Diksi/Nan/AP/NA)