Ini Dia Pilihan untuk Lulusan SMK!

Ini Dia Pilihan untuk Lulusan SMK!

Jakarta, Ditjen Diksi -- Baru lulus SMK, tetapi masih bingung lanjut ke mana? Sebagai jenjang pendidikan menengah kejuruan, lulusan SMK sebenarnya lebih memiliki banyak pilihan. Apakah mau bekerja, melanjutkan kuliah, atau malah membuka usaha sendiri?

 

Nah, semua pilihan tersebut ada di tangan kalian sendiri. Akan tetapi, sebaiknya pertimbangkan dengan serius, karena ini menyangkut masa depan kalian. Oya, untuk tahun ini setidaknya ada lebih dari 1,5 juta siswa SMK yang dinyatakan lulus. 

 

Lantas, apa saja pilihan tersebut? Berikut ini beberapa alternatif untuk lulusan SMK yang baru lulus.

 

 

Bekerja

Sebagai pendidikan menengah kejuruan, SMK sejak awal memang bertujuan untuk mempersiapkan peserta didiknya agar dapat langsung masuk ke dunia kerja setelah menamatkan pendidikan. Apalagi, sertifikat kompetensi yang dimiliki para lulusannya, serta pengalaman selama praktik kerja industri (prakerin) tentu bisa menjadi modal untuk melamar pekerjaan. 

 

Melanjutkan Studi 

Pilihan melanjutkan kuliah tidak hanya bisa dilakukan oleh lulusan SMA/MA, melainkan lulusan SMK juga bisa. Pilihan untuk melanjutkan studi juga sama ragamnya. Artinya, tidak ke akademi atau politeknik saja, tetapi bisa juga ke universitas. Sepanjang kalian bisa mengoptimalkan belajar agar bisa mengikuti seleksi, maka perguruan tinggi impian pasti ada di genggaman.

 

Jika ingin melanjutkan studi, sebaiknya rencanakan sebaik mungkin, utamanya jurusan yang akan diambil. Usahakan masih dalam bidang yang sama dengan SMK kalian.

 

Ikut Kursus

Jika masih ingin mendalami ilmu, tetapi tidak mau lama-lama melanjutkan kuliah, maka mengikuti kursus bisa menjadi solusinya. Selain bisa mendalami kompetensi yang kalian peroleh selama di bangku sekolah, di lembaga kursus dan pelatihan (LKP) kalian bisa mendapatkan lingkaran pertemanan baru, yang mungkin bisa membuka peluang lain, apakah terkait pekerjaan atau bahkan bekerja sama membangun usaha.

 

 Membuka Usaha 

Lulusan SMK tentu familier dengan istilah bekerja, melanjutkan studi, wirausaha (BMW). Nah, jika kalian tidak bekerja atau melanjutkan studi, kenapa tidak mencoba berwirausaha. Selama ini Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi juga terus mendorong program teaching factory untuk menciptakan suasana pembelajaran bernuansa kewirausahaan. Jadi, kenapa tidak mencoba mempraktikkannya sendiri? 

 

 Pekerja Lepas atau Freelance 

Bekerja sebagai tenaga lepas merupakan salah satu opsi bagi lulusan SMK. Kalian bisa memilih bidang yang sesuai dengan keahlian kalian saat di SMK, ya. Jenis pekerjaan ini sama sekali tidak terikat oleh suatu badan usaha atau perusahaan sehingga lebih fleksibel. Bahkan, ketika kalian memutuskan untuk melanjutkan kuliah sekalipun, pekerjaan ini masih sangat memungkinkan untuk dilakukan. (Diksi/Nan/AP/NA)