International Conference Wujud PNL Menuju Global

Lhokseumawe, Ditjen Diksi - Sebagai perguruan tinggi vokasi negeri (PTVN) yang bervisi menuju global, Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) untuk ketiga kalinya tahun ini kembali menghelat International Conference on Science and Innovated Engineering (ICOSINE-3) yang mengusung tema “Synergizing Science and Engineering for Development and Innovation in Facing Global Challenges within Pandemic Phases” secara daring pada 21 November 2020 mendatang. Sebelumnya, PNL terbilang sukses juga dalam menyelenggarakan konferensi internasional tentang inovasi teknologi, dan sains untuk pertama kali di Sabang tahun 2018, serta ICOSINE-2 tahun 2019 di Malaka, Malaysia.

Nelly Safitri selaku Ketua Panitia ICOSINE-3 mengatakan, dengan tema yang diusung pada masa pandemik sekarang ini, PNL ingin ikut serta memberi andil mewarnai kondisi pandemik ini dengan cara menciptakan sinergi antara sains dan teknik untuk pengembangan dan inovasi dalam menghadapi tantangan global dalam kondisi pandemik Covid-19.

“Seharusnya kita laksanakan di Bangkok, Thailand. Namun, kondisi masih belum memungkinkan untuk diselenggarakan secara normal. Sedangkan penyerahan full paper masih tetap dibuka sampai 31 Oktober 2020,” terang Nelly.

Dalam penyelenggaraan event ini, PNL bekerja sama dengan Optical Society of Malaysia (OSM), sebuah organisasi asal negeri jiran yang aktif mengelola aktivitas riset, seminar, inovasi, iklan, dan publikasi dalam bidang optik. Sebagai tambahan, untuk tahun ini PNL juga merangkul Universitas Muhammadiyah Palembang untuk menjadi tuan rumah pendamping (co-host).

Sementara untuk publikasi prosiding, PNL masih bekerja sama dengan IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, yang selama ini berhasil menerbitkan hampir seluruh karya tulis ilmiah yang dipresentasikan dalam ICOSINE. Semua karya ilmiah tersebut terindeks dalam basis data Scopus.

Alumni Curtin University of Technology Western, Australia, ini menambahkan bahwa untuk ICOSINE tahun ini rencananya akan dibuka oleh Direktur PNL Rizal Syahyadi, dengan menghadirkan keynote speakers dari dalam negeri maupun mancanegara, yakni Nelly Safitri dari PNL, Ahmad Agus Setiawan dari UGM, Sulaiman Wadi dari University Malaya (Malaysia), Waleed Muhammad dari Bangkok University (Thailand), dan Farhad Shania dari Murdoch University (Australia).

Adapun untuk registrasi peserta dapat mengakses melalui https://opticsmys.com/icosine.html atau melalui email icosine@pnl.ac.id. (Diksi/Humas PNL/AP/GS)