Jadi Lulusan Pertama, 97% Lulusan D-2 Jalur Cepat PNB Telah Bekerja dan Siap Bersaing di Pasar Global

Jadi Lulusan Pertama, 97% Lulusan D-2 Jalur Cepat PNB Telah Bekerja dan Siap Bersaing di Pasar Global

Denpasar, Ditjen Vokasi - Politeknik Negeri Bali (PNB) menggelar wisuda pertama bagi mahasiswa program D-2 Jalur Cepat (Fast Track) dari berbagai disiplin ilmu. Total ada 60 mahasiswa PNB dari program D-2 Fastrack resmi menjadi Ahli Muda atau A.Ma. 


Wisuda yang digelar di The Westin Resort Nusa Dua, Bali, 20 April 2024 tersebut mewisuda 28 mahasiswa D-2 Fast Track Administrasi Perpajakan, 10 mahasiswa D-2 Fast Track Fondasi Beton dan Pengaspalan, 10 mahasiswa D-2 Fast Track Administrasi Jaringan Komputer berjumlah, serta 12 mahasiswa Program Studi Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) Manajemen Proyek Konstruksi.


Para lulusan tersebut ke depannya diharapkan mampu bersaing di dunia kerja. Hingga saat ini, PNB telah meluluskan 36 angkatan yang memiliki kompetensi yang diakui dunia kerja dan industri. 


Direktur PNB, I Nyoman Abdi, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi mendalam kepada para lulusan atas pencapaian mereka. Ia juga menggarisbawahi pentingnya pendidikan vokasional dalam mempersiapkan tenaga kerja yang handal dan kompetitif di tengah dinamika pasar kerja saat ini.


“Kami bangga melihat prestasi para lulusan kami hari ini. Mereka adalah bukti nyata dari keunggulan pendidikan yang kami berikan di PNB. Saya yakin mereka akan menjadi aset berharga di dunia industri dan masyarakat,” kata I Nyoman Abdi.


Pada kesempatan tersebut, I Nyoman Abdi juga mengapresiasi salah satu wisudawati, Kezia Asa Prashanty dari Program Studi D-2 Fast Track Administrasi Perpajakan yang berhasil meraih predikat sebagai lulusan terbaik dengan IPK 4.0.

 

Lebih lanjut, I Nyoman Abdi juga menyampaikan bahwa selama masa kepemimpinannya dalam beberapa tahun terakhir, PNB menghasilkan lulusan yang unggul dan kompeten di bidangnya. Hal tersebut setidaknya dibuktikan dengan 97% lulusan PNB yang telah terserap di industri sebelum lulus, dengan rincian 58 wisudawan telah bekerja sebelum diwisuda. 


“Hanya 2 orang yang belum bekerja karena 1 orang melanjutkan pendidikan, dan 1 orang lagi terhalang kondisi kesehatan,” kata I Nyoman Abdi.


Menurut I Nyoman Abdi, PNB terus meningkatkan kualitas pendidikan vokasi yang unggul dan menjadi perguruan tinggi yang berdaya saing Internasional. PNB, lanjut I Nyoman Abdi, telah melakukan berbagai kerjasama dengan industri dan perguruan tinggi luar negeri, seperti Malaysia, Prancis, Cina, USA, Turki, Jepang, dan Korea.


Selain itu, dalam suasana penuh haru, para wisudawan juga berbagi pengalaman dan cerita mereka selama menjalani pendidikan di Politeknik Negeri Bali. Mereka menyampaikan rasa terima kasih kepada pihak kampus, dosen, staf, dan keluarga mereka yang telah memberikan dukungan tanpa henti selama perjalanan pendidikan mereka.

 

Acara wisuda ini juga menjadi momen untuk menunjukkan prestasi PNB dalam mendidik dan melatih generasi penerus yang siap bersaing di pasar kerja global. Dengan semangat yang sama, PNB terus berkomitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan demi menghadirkan lulusan-lulusan yang berkualitas dan berdaya saing tinggi. (PNB/Nan/Cecep)