Jangan Sembarang Belajar Mengemudi, Inilah Materi Kursus Mobil agar Mengemudi Aman dan Lancar

Jangan Sembarang Belajar Mengemudi, Inilah Materi Kursus Mobil agar Mengemudi Aman dan Lancar

Bengkulu, Ditjen Vokasi - Banyaknya kursus mengemudi di Indonesia, membuat orang dapat memilih tempat kursus di mana saja. Namun, memilih lembaga kursus mengemudi yang profesional membuat kamu memiliki keterampilan yang lebih mumpuni. Selain itu lembaga profesional seperti lembaga kursus dan pelatihan (LKP) dilengkapi dengan pengajar berpengalaman dan memiliki fitur pengaman. Begitupun dengan LKP Cemerlang Teknik, Bengkulu.


Di LKP yang sudah berdiri sejak 2013 tersebut memiliki pembelajaran mengemudi yang sesuai dengan kerangka kualifikasi nasional Indonesia (KKNI) dan kurikulum yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). 


LKP yang sudah memiliki empat cabang itu pun rutin mengikuti program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) bidang keterampilan mengemudi mobil sejak tahun 2020. Direktur LKP Cemerlang Teknik, Mahyudi, mengatakan pentingnya terkait belajar mengemudi di lembaga kursus profesional. 


“Sangat penting mengikuti kursus mengemudi di lembaga profesional, apalagi bagi orang yang baru belajar berkendara. Di tempat kursus biasa hanya diajarkan mengendalikan kendaraan, tanpa diajarkan etika berkendara,” tegas Yudi. 


Yudi juga memaparkan bahwa semakin banyak orang yang belajar mobil tanpa arahan yang baik, maka akan meningkatkan peluang untuk penyumbang kecelakaan lalu lintas.


Maka dari itu, mengikuti pembelajaran mengemudi di LKP adalah pilihan terbaik. Lalu apa saja yang diajarkan? 


  1. Materi persiapan berkendara

Bayangkan kamu bepergian jauh tanpa melakukan persiapan terlebih dahulu. Tentu saja hal itu membuat kamu kesulitan karena seringkali ada barang yang tertinggal. Begitu pun dengan mempelajari mengendarai mobil. Sebelum terjun ke lapangan, peserta didik akan diajarkan mengenai beberapa persiapan terlebih dahulu.


Baik kursus mobil maupun motor, persiapan berkendara diperlukan bukan hanya mempersiapkan SIM ataupun STNK, tetapi juga mengidentifikasi kelayakan kendaraan. 


  1. Materi otomotif

Kursus mengendarai mobil di lembaga profesional juga dilengkapi dengan pembelajaran otomotif. Tentu saja hal tersebut berbeda jika kamu belajar mobil atau motor secara mandiri dan bukan bersama instruktur profesional.


Di LKP kamu akan mempelajari bidang otomotif seperti  mengidentifikasi jenis ban dan peruntukannya, mengatur keseimbangan putaran mesin dengan kecepatan, atau bahkan cara mengganti ban.


  1. Materi prosedur keselamatan

Hal terpenting dalam berkendara adalah keselamatan. Namun, jika terjadi hal yang tidak diinginkan, kamu pun harus mengetahui tentang mengatasi hal tersebut. Untuk itulah, prosedur keselamatan juga sangat penting untuk diajarkan. Contohnya adalah pengenalan penyebab mesin mati tiba-tiba dan cara mengatasinya. 


  1. Materi etika berkendara dan lalu lintas

Keunggulan lain kursus mengendarai di LKP adalah dikenalkan lebih dalam mengenai etika berkendara dan peraturan lalu lintas. Di LKP, kamu tidak akan diajari pengetahuan umum tentang tanda lampu lalu lintas saja, tetapi juga aturan dan prosedur pembuatan surat izin mengemudi (SIM) dan juga prosedur pajak kendaraan.


Bahkan, LKP Cemerlang Teknik juga mengundang pihak kepolisian setempat untuk sosialisasi etika berkendara bagi pengemudi pemula saat proses pembelajaran pada program PKK.


  1. Materi perawatan kendaraan

Siapa sih yang tak menginginkan mobilnya awet dan nyaman digunakan. Maka dari itu, materi mengenai perawatan kendaraan pun diajarkan jika kamu kursus di LKP. 


Sebagai contoh adalah materi mencuci mobil yang masih banyak salah. Mencuci kendaraan dengan benar seharusnya adalah dengan melakukan gerakan dari atas lalu ke bawah agar kotorannya hilang. Selain itu, haruslah menggunakan sabun pembersih khusus mobil agar cat bodi kendaraan tidak rusak. (Zia/Adi Sutrisno)