Jemput Bola, Anak Usaha Pertamina Gelar Career Talks di Polinema

Jemput Bola, Anak Usaha Pertamina Gelar Career Talks di Polinema

Malang, Ditjen Vokasi – Sebagai salah satu BUMN di bidang energi, Pertamina terus berupaya meningkatkan sumber daya manusia (SDM) untuk mewujudkan visinya sebagai perusahaan energi nasional kelas dunia. Dalam rangka mencari SDM yang berkualitas, anak usaha Pertamina, PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) menyelenggarakan kegiatan “Career Talks” bagi mahasiswa Politeknik Negeri Malang (Polinema). Kegiatan ini sekaligus menjadi “jemput bola” untuk mencari SDM langsung dari kampus.

Vice President Human Capital PT KPI, Dewi Kurnia Salwa, mengatakan bahwa saat ini project di Indonesia sangat banyak. Untuk itu, Pertamina membutuhkan SDM yang berkualitas. 


“Kami saat ini melaksanakan College Shopping, menjemput bola untuk rekrutmen di kampus yang berkualitas dan sesuai area operasi Pertamina,” kata Dewi saat kegiatan “Career Talks" di Kampus Polinema, Selasa (21-03-2023).

Menurut Dewi, dengan jemput bola langsung dan menyatu dengan kampus, Pertamina akan memperoleh calon SDM yang berkualitas tersebut. Selama ini, menurut Dewi, Pertamina memiliki kelas-kelas khusus di beberapa kampus di Indonesia dengan memberikan beasiswa bagi putra di daerah Ring 1 lapangan Pertamina. 


Selain rekrutmen, Pertamina selama ini juga membuka internship bagi fresh graduate selama satu tahun,” kata Dewi.


Menurut Dewi, terkait rekrutmen, Pertamina memang memiliki sejumlah standar, seperti minimal IPK hingga technical skills tertentu yang diperlukan. Pertamina tidak hanya mendasarkan pada IPK ataupun penguasaan technical skills saja, tetapi juga melihat pada soft skills calon karyawannya.

“Ketika pendaftar semakin banyak, passing grade akan semakin tinggi dan sangat penting juga mahasiswa harus memiliki emotional quotient yang bagus,” kata Dewi.

Masih menurut Dewi, saat ini rata-rata mahasiswa memiliki kegiatan ekstrakurikuler yang bisa menjadi modal untuk meningkatkan soft skills, seperti kemampuan teamwork, kemampuan berkomunikasi, dan bernegosiasi.

Sementara itu, Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Polinema, Anggit Murdani, mengatakan bahwa Polinema terus berupaya memfasilitasi alumni untuk dapat dengan cepat memperoleh pekerjaan. Tidak hanya mendatangkan industri langsung untuk rekrutmen, Polinema bahkan memberikan pelatihan bagi mahasiswa untuk kesiapan rekrutmen seperti membuat surat lamaran dan CV.

“Program seperti Career Talks yang diselenggarakan oleh PT KPI ini juga sangat bermanfaat bagi mahasiswa,” kata Wadir Bidang III ini.

Career Talks sendiri merupakan rangkaian dari kegiatan Rekrutmen Bersama yang diselenggarakan oleh Polinema. Kegiatan tersebut setidaknya diikuti oleh sekitar 260 mahasiswa dari Jurusan Teknik Sipil, Teknik Kimia, Teknik Elektro, dan Teknik Mesin. (Polinema/Nan/Cecep Somantri)