Kenali 5 Jenis Riasan yang Diajarkan di SMK

Kenali 5 Jenis Riasan yang Diajarkan di SMK

Jakarta, Ditjen Vokasi - Minat tata kecantikan, khususnya dalam tata rias cukup tinggi. Di SMKN 27 Jakarta saja, jumlah peserta tata kecantikan dari kelas 10 - 12 berjumlah 8 kelas. Namun, tahukah kamu seperti apa jenis-jenis teknik rias yang diajarkan di SMK? Menurut Kepala Jurusan Tata Kecantikan Kulit dan Rambut SMKN 27 Jakarta, Eni Sulistiowati, inilah jawabannya merunut berdasarkan panduan mengajar sesuai standar kompetensi kerja nasional Indonesia (SKKNI).


  1. Rias natural 

Hal dasar yang terlebih dahulu diajarkan di SMK untuk jurusan tata rias adalah kemampuan dalam riasan natural. Peserta didik diajarkan untuk memilih  warna yang soft atau lembut. Selain itu, riasan ini juga biasanya tidak menggunakan eyeshadow yang berlapis-lapis. Untuk alas bedak, riasan natural tidak perlu menggunakan foundation tebal dan dapat menggunakan BB cushion saja.


  1. Rias cikatri 

Punya masalah di wajah tak perlu khawatir karena ada riasan cikatri. Masalah wajah seperti bopeng, bekas jerawat, atau bekas luka, bisa diatasi dengan teknik ini. Di SMK, teknik rias ini dipelajari di kelas XI. Rias cikatri memerlukan alat dan teknik khusus, misalnya dengan pemilihan foundation dan alat make up yang anti iritasi.


  1. Rias geriatri 

Kamu pernah dengar riasan geriatri? Riasan wajah ini diperuntukan bagi orang yang lanjut usia. Rias geriatri bertujuan untuk menutupi kekurangan pada wajah akibat kerutan dan pigmentasi seperti warna hitam. Bahkan, untuk kerutan di mata yang sudah menurun, dapat dilakukan penjahitan terlebih dahulu, agar seolah mata lebih kencang dan tampak lebih muda.



  1. Rias panggung

Riasan selanjutnya yang diajarkan ke siswa SMK adalah rias panggung. Rias panggung termasuk riasan penting karena dalam penerapannya, siswa akan lebih banyak menggunakan riasan ini apabila ada acara-acara tertentu, misal festival, tari, dan teater. Berbeda dengan rias natural, riasan panggung harus menggunakan warna yang terang dan kontur yang lebih jelas. Hal tersebut berguna  agar dari jarak lima meter ataupun lebih riasan akan tetap terlihat. 


  1. Rias foto berwarna dan hitam putih

Para model yang berfoto di depan kamera tentu saja menggunakan riasan yang dikhususkan untuk pemotretan. Rias foto sendiri ada beberapa macam, yaitu foto berwarna dan hitam putih. Untuk tekniknya sendiri, rias foto hitam putih berfokus pada penunjukan relief wajah dengan memberikan warna gelap terang. Sementara untuk rias foto berwarna disesuaikan dengan setting dan pakaian model, yang terpenting goresan warna harus selembut mungkin dan tidak menggunakan glitter. (Zia/Cecep Somatri)