Konsorsium Politeknik Merdeka Perkuat Kerja Sama dengan PT Indah Kiat

Konsorsium Politeknik Merdeka Perkuat Kerja Sama dengan PT Indah Kiat

Riau, Ditjen Diksi - Konsorsium Politeknik Merdeka melakukan kunjungan dan diskusi dengan PT Indah Kiat Pulp and Paper (PT IKPP) di industri IKPP Perawang, Riau. Kunjungan ini dalam rangka memperkuat keselarasan dan kemitraan yang sinergis antara perguruan tinggi vokasi dengan industri. 


Konsorsium Politeknik Merdeka merupakan gabungan sejumlah politeknik negeri yang terdiri atas Politeknik Negeri Bengkalis, Politeknik Negeri Banyuwangi, Politeknik Cilacap, Politeknik Negeri Fakfak, Politeknik Negeri Indramayu, Politeknik Negeri Nunukan, dan Politeknik Negeri Nusa Utara. Kegiatan kunjungan dilakukan pada 11 September 2023 lalu dan diterima langsung oleh Armadi selaku Manager Humas PT IKPP. 


Direktur Politeknik Negeri Bengkalis, Johny Custer, mengatakan bahwa kunjungan ke PT Indah Kiat Pulp and Paper merupakan bagian dari upaya untuk menjalin kemitraan untuk mencapai keselarasan sehingga proses pembelajaran yang relevan dan selaras dengan kebutuhan dunia kerja, baik di masa kini maupun masa depan. 


Johny mengatakan, pada era yang kian dinamis seperti saat ini, pendidikan vokasi memiliki posisi strategis dalam mencetak tenaga kerja terampil yang sesuai dengan kebutuhan industri. Menurut Johny, ada beberapa sasaran yang ingin dicapai dalam kemitraan bersama PT IKPP. 


“Kemitraan ini meliputi penyelarasan kurikulum dengan DUDI, pembelajaran berbasis proyek riil dari industri, peningkatan kompetensi bagi instruktur/guru/dosen, tenaga kependidikan dan peserta didik melalui magang dan pelatihan, pelaksanaan praktik kerja lapangan, pelaksanaan sertifikasi kompetensi sesuai standar dan kebutuhan dari industri, penyediaan instruktur/guru/dosen tamu dari industri di satuan pendidikan vokasi, fasilitasi riset terapan untuk dukungan teaching factory, komitmen industri merekrut lulusan pendidikan vokasi, serta kegiatan lainnya yang menguntungkan semua pihak,” kata Johny. 

 

Johny juga menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian dari beberapa kegiatan yang dilakukan Konsorsium Politeknik Merdeka dalam rangka menerapkan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).


Sehari sebelumnya, lanjut Johny, Politeknik Negeri Bengkalis juga melakukan kegiatan kerja sama dan diskusi dengan Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Politeknik Sultan Azlan Syah (Malaysia), Universiti Teknikal Malaysia Melaka (Malaysia), dan Yamaguchi University (Jepang) di Kampus Politeknik Negeri Bengkalis.  

 

Sementara itu, Direktur Politeknik Negeri Nunukan, Arkas Viddy, berharap adanya kolaborasi yang ideal dan optimal, di mana kedua pihak bisa saling berkontribusi positif. Menurutnya, industri dapat berkontribusi langsung dalam hal teknologi dan transfer kebudayaan.


“Sebaliknya, politeknik berkontribusi student appropriate skill contribution dan industrial efficiency contribution,” kata Arkas. 


Selaku Manager Humas PT IKPP, Armadi, menyambut baik kunjungan dari politeknik tersebut. Menurutnya, frekuensi komunikasi dan stamina sinergitas perlu terus ditingkatkan. Kolaborasi perguruan tinggi vokasi dengan industri perlu terus dioptimalkan dengan memastikan link and match terimplementasi dengan utuh untuk memastikan terciptanya sumber daya manusia yang unggul. (Polbeng/Nan/Cecep)