Kunjungi SMK, Moeldoko Apresiasi Pendidikan Vokasi

Kudus, Ditjen Vokasi - Dalam kunjungan kerja, Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko, meninjau proses pendidikan yang ada di SMK NU Ma’arif Kudus, Jawa Tengah, beberapa waktu yang lalu. SMK NU Ma’arif Kudus merupakan salah satu satuan pendidikan vokasi yang telah banyak terintegrasi dengan sektor industri sehingga membuka peluang kerja yang luas bagi peserta didiknya.

 

“Di saat puncak bonus demografi sekarang ini, harus menyediakan peluang kerja sebanyak-banyaknya,” tutur Moeldoko.

 

Moeldoko menekankan, kapasitas sumber daya manusia (SDM) harus ditingkatkan supaya lebih produktif dan kompetitif sehingga pendidikan vokasi menempati posisi penting dalam strategi pengembangan SDM tersebut. Ia menambahkan, pemerintah memberikan perhatian besar terhadap masa depan anak-anak muda. Oleh karena itu, selain menempatkan pendidikan vokasi pada posisi penting dalam strategi pengembangan SDM, pemerintah juga telah mengeluarkan program Manajemen Talenta Nasional.

 

Program tersebut telah termuat dalam Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 21 Tahun 2021 tentang Gugus Tugas Manajemen Talenta Nasional guna mengelola database mengenai anak-anak Indonesia dengan kemampuan dan keunggulannya.

 

“Program tersebut menjadi penting sehingga anak-anak yang hebat ini tidak diambil oleh negara lain,” ujar Moeldoko. (Diksi/Tan/AP/NA)