Mitos dan Fakta tentang Merawat Mobil, Yuk Cek!

Mitos dan Fakta tentang Merawat Mobil, Yuk Cek!

Cirebon, Ditjen Vokasi - Perawatan mobil merupakan bagian penting dari dunia otomotif karena dapat menjadi faktor dalam memperpanjang umur kendaraan. Selain itu, mobil yang dirawat dengan apik akan berpengaruh terhadap kinerjanya yang tetap optimal. Namun, banyak mitos yang beredar tentang perawatan mobil yang sering membingungkan pemilik.


Di lembaga kursus dan pelatihan (LKP) biasanya terdapat materi mengenai cara merawat mobil. Kali ini, Aldy Adiwiguna selaku instruktur dan Wakil Direktur Operasional LKP Eka Jaya Berrindo, Cirebon, Jawa Barat, mengungkapkan bahwa ada beberapa mitos tentang dunia otomotif, khususnya dalam merawat mobil. Apa saja itu? Berikut adalah ulasannya.


  1. Mengganti Oli

tentu sudah tidak asing didengar bahwa terdapat mitos yang menganjurkan untuk mengganti oli setiap 3.000 kilometer. Namun, karena kemajuan pesat dalam teknologi mesin dan oli, banyak produsen mobil sekarang yang merekomendasikan penggantian oli setiap 5.000 hingga 10.000 kilometer (tergantung pada jenis oli dan mobil yang digunakan). Sangat penting untuk memeriksa manual kendaraan dan mengikuti saran yang diberikan oleh pabrikan.


  1. Mencuci Mobil

Mitos berikutnya adalah terkait perawatan badan mobil, yaitu mencuci mobil. Ada mitos yang beredar jika harus mencuci mobil setiap satu minggu sekali. Akan tetapi, nyatanya mencuci mobil terlalu sering akan mengakibatkan lapisan cat rusak dan membuatnya cepat kusam. Aldy menyarankan untuk mencuci mobil 2—4 minggu sekali tergantung kondisi mobil. Pastikan mencuci mobil di tempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari yang terik.


  1. Tidak Perlu Mengganti Ban Selama Masih Ada Alur

Meskipun alur ban yang dalam sangat penting, usia ban dan keretakan adalah hal lain yang harus diperhatikan. Ban yang sudah tua atau retak bisa berbahaya meskipun alurnya masih dalam. Jika ban menunjukkan tanda-tanda penuaan atau kerusakan, itu adalah tanda bahwa ban harus diganti setiap lima hingga enam tahun atau bahkan lebih cepat.


  1. Memanaskan Mobil secara Lama

Mobil masa kini tidak perlu dipanaskan terlalu lama. Pemanasan selama tiga puluh detik hingga satu menit sudah cukup. Setelah itu, mobil dapat dikendarai dengan kecepatan rendah sampai suhu kerja mesin mencapai tingkat yang ideal. Faktanya, memanaskan mobil terlalu lama hanya akan membuang bahan bakar dan tidak menghasilkan manfaat apa pun.


Merawat mobil dengan benar sangat penting untuk menjaga performa mobil dan keamanan saat berkendara. Memahami mitos perawatan mobil dapat membantu kamu membuat keputusan yang tepat tentang perawatan kendaraan. Semoga bermanfaat, Sobat Vokasi! (Zia/Cecep)


Sumber foto: Pixabay.com