Nih, Tip Perawatan Wajah untuk Pria

Nih, Tip Perawatan Wajah untuk Pria

Cirebon, Ditjen Vokasi - Siapa bilang perawatan wajah cuma untuk wanita saja? Perawatan wajah tidak hanya eksklusif bagi wanita, namun juga penting bagi pria untuk menjaga kulit wajah mereka tetap sehat dan bersih.


Mody Ismanto selaku Pimpinan LKP Mody, Cirebon, Jawa Barat yang bergerak di bidang kecantikan mengungkapkan seberapa penting pria perlu memperhatikan kesehatan kulit wajahnya. 


“Pria sangat perlu merawat kulit wajah karena pria cenderung lebih sering beraktivitas di luar ruangan dan memiliki aktivitas yang lebih beragam sehingga rentan kotor,” tutur Mody.


Mody juga menyampaikan beberapa tip perawatan wajah untuk pria. Dengan mengikuti tip di bawah, kamu dapat meraih kulit yang sehat, bercahaya, dan penuh kepercayaan diri.


  1. Kenali kulit wajah

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam merawat wajah adalah mengenali jenis kulit wajah. Mengetahui jenis kulit wajah kamu penting untuk memilih produk perawatan yang sesuai dan merancang rutinitas perawatan yang efektif. 


Contohnya untuk jenis kulit berminyak memerlukan pembersih wajah yang mengandung vitamin C atau salicylic acid. Hal itu dikarenakan kulit yang berminyak rentan berjerawat.


  1. Gunakan pembersih wajah khusus pria

Siapa yang masih enggan menggunakan sabun muka? Tenang aja, zaman sekarang banyak kok sabun wajah khusus untuk pria. 


Pembersih wajah untuk pria umumnya memiliki konsistensi yang lebih kental dan tekstur yang lebih lembut. Hal ini karena kulit pria cenderung lebih tebal dan berminyak. Konsistensi yang lebih kental dapat membantu mengangkat kotoran dan minyak yang lebih banyak pada kulit pria.


  1. Gunakan tabir surya/sunscreen

Sedia payung sebelum hujan sama artinya dengan sedia tabir surya sebelum terkena terik matahari. Tentunya kamu tidak menginginkan kulit wajah yang terbakar dan kemerahan, kan? Selain itu, dampak dari paparan sinar UV bisa mengakibatkan hiperpigmentasi dan penuaan dini, lho. 


Maka dari itu, sangat penting menggunakan tabir surya minimal 25 SPF 30. Jika kamu beraktivitas di luar ruangan secara terus menerus kamu bisa menggunakan SPF 50. Selain itu kamu bisa menggunakan sunscreen 2—3 kali sehari.


Nah, itulah tip perawatan wajah pria yang bisa kamu terapkan. Sangat simpel dan tak membutuhkan perawatan banyak. Jadi, jangan ragu untuk merawat kesehatan kulit wajahmu ya! (Zia/Cecep)


Sumber foto:

Freepik.com