NTT Siap Kembangkan 40 SMK PK

Kupang, Ditjen Vokasi – Pengembangan mutu pendidikan terus menjadi perhatian pemerintah, tak terkecuali Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Pasalnya, dari 18 sekolah menengah kejuruan (SMK) yang ditetapkan sebagai SMK Pusat Keunggulan (PK), kini berkembang menjadi 40 SMK.

 

Gubernur NTT, Victor Bungtilu Laiskodat, mengatakan bahwa pihaknya akan mempersiapkan SMK PK sebagai model pengembangan mutu SMK bertaraf nasional dan internasional. “Sekolah-sekolah sebagai pusat keunggulan ini didorong untuk menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lain dalam mengembangkan berbagai potensi yang ada,” ujarnya.

 

Victor menambahkan, kehadiran SMK PK diharapkan dapat memanfaatkan sumber daya alam lokal dalam berbagai bidang, seperti kemaritiman, seni, pariwisata, serta industri kreatif melalui penguatan peningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM).

 

Hal itu ditegaskan pula oleh Wakil Gubernur NTT, Josef Nae Soi, yang mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi NTT terus melakukan pengembangan dan penataan pendidikan SMK guna melahirkan berbagai inovasi serta SDM yang terampil.

 

“Pemerintah Provinsi NTT melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT telah meluncurkan modul pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi siswa agar dapat beradaptasi dengan kebutuhan dunia kerja,” ujar Josef.

 

Josef menambahkan, pemerintah juga terus mendorong dan memberikan dukungan kepada seluruh SMK yang berada di wilayah NTT untuk melakukan kolaborasi lintas sektor guna mendukung program-program pemerintah dari berbagai bidang. (Diksi/Tan/AP/NA)