Pamerkan Produk Hasil Mahasiswa, Poltesa Gelar Expo PBL Agroindustri Pangan 2023

Pamerkan Produk Hasil Mahasiswa, Poltesa Gelar Expo PBL Agroindustri Pangan 2023

Program Studi (Prodi) Agroindustri Pangan, Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) menggelar Expo Hasil PBL Agroindustri Pangan 2023. Expo tersebut diselenggarakan pada akhir Januari 2023 lalu dengan mengangkat tema Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa Program Studi Agroindustri Pangan melalui Project Based Learning. Kaprodi Agroindustri Pangan Poltesa, Andi Maryam, menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan hasil project basid learning (PBL) dari Prodi Agroindustri Pangan. 

 

Kegiatan Expo PBL Agroindustri Pangan 2023 tersebut diikuti oleh gabungan dari mahasiswa-mahasiswi semester 1, 3, dan 5. Mata kuliah yang tergabung dalam expo kali ini adalah mata kuliah Tata Letak dan Penanganan Bahan, Teknologi Fermentasi dan Enzim Teknologi Buah dan Sayur, dan Teknologi Biji dan Serealia. Beberapa produk yang dihasilkan dari mata kuliah tersebut di antaranya terdapat olahan daun pakis yang dibuat semacam nori analog, keripik buah dan sayur, nata de coco, dan berbagai produk turunannya, yaitu puding dari nata dan minuman dari nata.

Andi juga mengatakan bahwa terdapat maket dari mata kuliah Mesin dan Peralatan Industri yang juga dipamerkan di Expo PBL Agroindustri Pangan 2023. Kegiatan ini merupakan kegiatan perdana yang diadakan oleh Prodi Agroindustri Pangan. 

 

Andi berharap, “Ke depannya, setiap produk-produk PBL ini akan di expo-kan baik di tingkat prodi, jurusan, maupun antarkampus dengan harapan bisa mengundang tamu-tamu dari luar kampus agar dapat memperkenalkan produk mahasiswa.”

 

Ia juga berharap, dengan memperkenalkan produk-produk olahan mahasiswa kepada masyarakat luas, para mahasiswa menjadi tahu bahwa kegiatan belajar mengajar mahasiswa bukan hanya sekadar teori di dalam ruangan, tetapi jauh dari itu, banyak praktik-praktik yang dilakukan mahasiswa sehingga menghasilkan produk olahan yang bermutu dan siap dipasarkan.

 

“Dengan adanya expo tersebut, masyarakat juga mengetahui bahwa pembelajaran mahasiswa itu tidak hanya di ruang kelas datang, duduk, diam, kemudian lupa apa yang dipelajari, tetapi lebih dari itu. Mereka punya kesan yang mendalam menghasilkan produk yang dipamerkan merupakan produk PBL dan mata kuliah Kewirausahaan. Harapannya expo PBL ini menjadi pemantik energi dan jiwa wirausaha mahasiswa menjadi technopreneur,” ungkap Andi penuh semangat. (Poltesa/Rifqi/Cecep Somantri)