Partisipasi ARO Gapopin di HKN ke-58

Partisipasi ARO Gapopin di HKN ke-58

Jakarta, Ditjen Vokasi – Akademi Refraksi Optisi dan Optometry Gapopin atau biasa disebut ARO Gapopin turut ambil bagian dalam perayaan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58. Dalam kegiatan yang bertemakan “Bangkit Indonesiaku Sehat Negeriku” tersebut, ARO Gapopin melaksanakan pemeriksaan kesehatan mata dan pemberian kacamata gratis kepada siswa/siswi sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat di sejumlah daerah di Jabodetabek. 

 

Kegiatan tersebut tak lepas dari akibat yang ditimbulkan selama masa pandemi Covid-19 yang mewajibkan siswa/siswi di Indonesia melakukan kegiatan belajar mengajar dari rumah atau belajar jarak jauh. Hal ini membuat siswa/siswi lebih banyak melakukan interaksi dengan layar komputer ataupun ponsel. Akibatnya, hal tersebut berdampak pada kesehatan mata siswa/siswi karena sering menggunakan gadget hingga menyebabkan gangguan refraksi, seperti rabun jauh atau mata minus, juga ukuran kacamata yang bertambah bagi penderita mata minus. 

 

Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan mulai bulan September sampai dengan November 2022, dengan total 1.004 siswa/siswi yang diperiksa dan 667 siswa/siswi yang diberikan kacamata karena memiliki kelainan refraksi. Selain itu, ARO Gapopin juga melakukan sosialisasi tentang kesehatan mata di beberapa sekolah yang diperiksa guna meningkatkan kesadaran para siswa/siswi untuk menjaga kesehatan mata.

 

Alhasil, kegiatan ini membuat ARO Gapopin mendapat apresiasi dan penghargaan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia pada 13 November 2022. Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi kepada ARO Gapopin karena telah berpartisipasi dalam membantu penglihatan para siswa/i di Jabodetabek. 

 

Direktur ARO Gapopin, Ferry Doringin, mengatakan bahwa ARO Gapopin selalu berpedoman pada visi misi, salah satunya adalah pengabdian kepada masyarakat. “Oleh karena itu, kegiatan ini merupakan wujud dari misi ARO Gapopin dan juga partisipasi dalam menangani lonjakan kasus kelainan refraksi,” ujarnya. (Diksi/AP)