Permudah Konsultasi Bisnis, Dosen Sekolah Vokasi IPB University Kembangkan KlikBi

Permudah Konsultasi Bisnis, Dosen Sekolah Vokasi IPB University Kembangkan KlikBi

Bogor, Ditjen Vokasi - Gerakan kewirausahaan dan usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) memiliki peran penting untuk menggerakkan ekonomi. Bagi mereka yang ingin membuka usaha, keberadaan klinik bisnis tentu akan sangat membantu para pemula maupun mereka yang sudah memiliki usaha untuk mengembangkan usaha mereka. 


Dalam praktiknya, klinik bisnis biasanya diselenggarakan oleh pihak-pihak yang berkompeten di bidang bisnis. Tujuannya tidak lain adalah untuk memberikan solusi bagi permasalahan-permasalahan seputar bisnis yang dihadapi oleh para pengusaha.


Seiring dengan berkembangnya teknologi, pelayanan klinik bisnis yang awalnya dilakukan secara luring kemudian mulai bertransformasi ke bentuk digital. Salah satunya seperti yang dikembangkan oleh tim dosen dari Program Studi (Prodi) Manajemen Agribisnis, Sekolah Vokasi IPB University, yakni aplikasi KlikBi. 


Ketua tim inovasi KlikBi sekaligus dosen Sekolah Vokasi IPB University, Leni Lidya, mengatakan bahwa KlikBi merupakan akronim dari Klinik Bisnis. KlikBi ini berupa aplikasi yang dikembangkan agar dapat dimanfaatkan oleh para pengusaha untuk konsultasi bisnis.


“Awalnya kita itu kan kuliah, mata kuliahnya ada perencanaan bisnis, kemudian mahasiswa itu ada yang bisnis. Tapi ada yang bisnisnya maju, ada tidak maju-maju. Kemudian kepikiran ini kenapa ya? Jadi, akhirnya kita buat saja klinik bisnis,” kata Leni sebagaimana dikutip dari tayangan YouTube IPB TV. 


Awalnya Klinik Bisnis yang dirintis ini sebenarnya masih berformat offline. Mahasiswa datang untuk berkonsultasi terkait persoalan atau kendala dalam bisnis yang mereka hadapi. Akan tetapi, Klinik Bisnis ini justru tidak berjalan dengan baik. " Kenapa tidak jalan? Dosennya pada sibuk," kata Leni. 


Leni yang saat itu menjabat sebagai ketua Klinik Bisnis kemudian mengembangkan ide untuk mentransformasikan format  Klinik Bisnis dari offline menjadi format digital. Saat itu para dosen memang diminta untuk mengembangkan inovasi.


“Saya berpikir kalau dosennya pada sibuk semua, tidak mungkin klinik bisnis ini bisa jalan. Jadi saya berpikir, kayaknya enak kalau dibuat format online. Nah, itu mulai tahun 2018,” kata Leni.


KlikBi sendiri merupakan produk aplikasi unggulan dari Prodi Manajemen Agribisnis yang pengembangnya didukung oleh PT Sprint Asia Technology serta PT Santara Daya Inspiratama. 


KlikBi menjadi salah satu aplikasi klinik bisnis yang menjadi  wadah konsultasi bisnis yang dapat membantu para pengguna, yakni mahasiswa, alumni, dan mitra usaha dalam lingkungan Sekolah Vokasi IPB University serta UMKM lainnya dalam mengembangkan bisnis.


“Yang bisa memanfaatkan aplikasi ini terutama adalah mahasiswa dalam hal ini untuk belajar dan mengembangkan bisnis. Selain itu, ada alumni kemudian mitra usaha, baik perusahaan mitra maupun UMKM alumni,” kata Leni.


Selain dengan mitra usaha yang berasal dari alumni, UMKM lain juga dapat memanfaatkan aplikasi KlikBi. Namun, bagi UMKM lainnya, harus terlebih dahulu menjadi anggota terlebih dahulu.

 

Aplikasi KlikBi dilengkapi dengan sejumlah fitur, di antaranya seperti Bi-Consult, di mana pengguna dapat melakukan diskusi dengan konsultan bisnis yang ahli di bidangnya. Bi-Update membuat pengguna dapat mengetahui berita-berita terbaru seputar dunia bisnis serta sejumlah fitur lainnya. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan Bi-Edu yang berisi seputar tip dan trik dalam berbisnis. (SV-IPB/Nan/Cecep)