PNB Siap Buka Program Doktor Terapan

PNB Siap Buka Program Doktor Terapan

Badung, Ditjen Vokasi -  Politeknik Negeri Bali (PNB) diketahui siap untuk membuka program studi doktor terapan. Langkah ini perlu dilakukan untuk meningkatkan pendidikan vokasi di Indonesia, sekaligus menjawab tantangan kebutuhan sumber daya manusia (SDM) dan dunia industri di Indonesia.


Kesiapan pembukaan program doktor terapan tersebut disampaikan oleh Direktur PNB, Nyoman Abdi, saat menerima kunjungan kerja Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Kiki Yuliati, di Kampus PNB, beberapa waktu lalu.


"Dengan keberadaan doktor terapan ini maka itu akan benar-benar membuktikan bahwa Politeknik Negeri Bali punya keinginan dan komitmen yang kuat untuk meningkatkan vokasi di Indonesia," ujar Abdi.

  
Menurut Abdi, selama ini ia melihat, minat mahasiswa untuk melanjutkan program studi magister terapan di kampusnya sudah sangat tinggi, jika dibandingkan dengan universitas atau politeknik lain yang menyelenggarakan program senada. "Kalau ini bisa di-launching, akan menjadi satu-satunya doktor terapan di seluruh Indonesia," tegasnya. 

Bahkan, menurut Abdi, jika sudah berjalan maka program doktor terapan tersebut akan membuat PNB sebagai barometer nasional dalam pelaksanaan program doktor terapan di Indonesia.


Abdi juga meyakini bahwa PNB menjadi contoh praktik-praktik dalam rangka memperkuat dunia vokasi. Apalagi, penugasan untuk membuka program doktor terapan ini, diakui Abdi, berbanding lurus dengan visi dan misi pihaknya dalam melanjutkan program magister terapan, yaitu S-2 Perencanaan Pariwisata. (Diksi/Nan/AP/NA