PNL Gelar Seminar Persiapan Kerja: Attitude Jadi Modal Utama di Dunia Kerja

PNL Gelar Seminar Persiapan Kerja: Attitude Jadi Modal Utama di Dunia Kerja

Lhokseumawe, Ditjen Vokasi - Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) menggelar Seminar Nasional Persiapan Menghadapi Dunia Kerja. Seminar tersebut menekankan pentingnya attitude dalam menghadapi dunia kerja. 


Kegiatan seminar nasional tersebut dilaksanakan di Aula Gedung Utama PNL, Jumat (26-05-2023) dengan tema “Ready for Success with Alumni PNL”. Seminar yang ditujukan untuk para mahasiswa semester akhir PNL tersebut menghadirkan sejumlah narasumber yang tak lain merupakan para alumni PNL.


Para narasumber yang hadir adalah Commissioner PT Borneo Quantum, Aprianto Huneiza (alumni Teknik Kimia angkatan 1992), Engineer Project Budget & Cost Control PT Pertamina EP Cepu, Hasanuddin Husin Sr (alumni Teknik Mesin angkatan 1993), dan Said Malawi, alumni Teknik Mesin angkatan 1991 yang saat ini menduduki posisi sebagai Board of Director PT Korina Refinery Aceh.


Dalam paparannya, Said Malawi menceritakan pengalamannya sejak selesai kuliah sampai bisa bekerja di Qatar. Ia juga membagikan sejumlah ilmu berharga bagi para peserta dalam menghadapi dunia kerja. “Dalam menghadapi dunia kerja yang pertama adalah attitude is everything,” kata Said. 


Said juga mengingatkan kepada para mahasiswa untuk membangun hubungan baik dengan banyak orang. “Dan yang terpenting lagi adalah bahasa Inggris. Ini sangat diperlukan,” ujar Said.


Senada dengan Said, alumni sekaligus narasumber lainnya, Aprianto Huneiza, juga mengatakan pentingnya attitude dalam bekerja. 


“Dalam bekerja modal terbesar itu bukan uang, melainkan attitude,” ujar Aprianto.


Menurut Aprianto, pada dasarnya skills bisa diasah. Oleh karena itu, setiap calon pekerja tidak perlu merasa hebat atau rendah diri. Aprianto juga menekankan penguasaan akan teknologi informasi, akuntansi, dan IT akuntansi dan bahasa Inggris telah menjadi kebutuhan pokok.


Narasumber berikutnya, Hasanuddin Husin juga membagikan pentingnya attitude dalam dunia kerja. Ia menceritakan pengalamannya dalam dunia kerja dan dunia industri, utamanya tentang bagaimana mengatasi masalah yang dihadapi dalam dunia kerja.


“Dalam mencari pekerjaan, pilih pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakat adik-adik agar dapat bersaing dan seperti yang telah disampaikan tadi attitude adalah yang terpenting,” ujar Hasanuddin. 


Sementara itu, Direktur PNL, Rizal Syahyadi, mengucapkan terima kasih atas kesedian para alumni untuk berbagi pengalaman, saran, dan kiat-kiat di dunia kerja kepada para mahasiswa. Menurut Rizal, alumni-alumni yang hadir ini sebagai bukti bahwasanya lulusan PNL dapat berkiprah di dunia usaha dan dunia industri


“Selamat datang kepada alumni tahun 90-an yang telah sukses. Kami senang hari ini ada alumni yang bergabung untuk memberikan saran dan kiat-kiat untuk kemajuan adik-adik yang sebentar lagi akan menjadi alumni PNL dalam menghadapi dunia kerja,” ujarnya


Pada kesempatan tersebut, Rizal berharap para peserta dapat memanfaatkan kesempatan tersebut untuk sharing ilmu dan mencuri ilmu dari para alumni agar bisa sukses di dunia kerja.


Sebagai informasi, kegiatan seminar nasional persiapan menghadapi dunia kerja ini diikuti oleh 300 mahasiswa tingkat akhir dari 6 jurusan di lingkungan PNL. (PNL/Nan/Cecep)