Poliban Siap Fasilitasi Digitalisasi Produk Koperasi Pondok Pesantren di Kalsel

Poliban Siap Fasilitasi Digitalisasi Produk Koperasi Pondok Pesantren di Kalsel

Banjarmasin, Ditjen Vokasi - Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) melakukan penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) dengan Dewan Pengurus Wilayah Ikatan Pesantren Indonesia Kalimantan Selatan dalam rangka Digitalisasi Produk Pesantren Berbasis Website. Dengan kerja sama ini, Poliban siap membantu digitalisasi produk-produk yang dihasilkan oleh pondok pesantren di Kalimantan Selatan.


Prosesi penandatanganan MoU dilaksanakan di Gedung Utama, Ruang Multimedia Lantai 2, Poliban pada Rabu (27-03-2024) oleh Direktur Poliban, Joni Riadi, dan Sekretaris DWP IPI Kalimantan Selatan, Edi Setyo Utomo. Usai melakukan penandatangan MoU, acara dilanjutkan dengan penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) dengan Ketua Jurusan Teknik Elektro, M. Helmy Noor, dan penandatanganan implementation (IA) dengan Ketua Program Studi D-3 Teknik Informatika, Fuad Sholihin. Turut hadir dalam prosesi tersebut adalah Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kalimantan Selatan, Gusti Yanuar Noor Rifai, dan seluruh tamu undangan.


Mewakili seluruh civitas academica Poliban, Direktur Poliban, Joni Riadi, menyampaikan apresiasinya dan sangat menyambut baik diadakannya nota kesepakatan yang digagas oleh DPW IPI Kalsel.


Direktur Joni mengatakan bahwa Poliban akan memberikan dukungan penuh terkait pembuatan website atau aplikasi untuk produk-produk UKM Dinas Koperasi maupun produk pesantren.


“Anak-anak kami akan siap berkontribusi ke Dinas Koperasi dan pesantren-pesantren di Kalsel untuk men-support beberapa aplikasi atau hal-hal terkait digitalisasi ini,” ungkap Joni Riadi.


Joni berharap, kerja sama yang telah dilakukan bisa membawa banyak manfaat bagi semua pihak yang terlibat.


“Insyaallah, di dalam kerja sama ini bisa memberikan manfaat bagi kita semua, dan kita saling bekerja sama untuk menciptakan SDM yang unggul dan siap bertahan dalam setiap perkembangan zaman,” ujar Direktur Joni.


Pada kesempatan yang sama, Sekretaris DWP IPI Kalsel, Edi Setyo Utomo, mengucapkan apresiasi yang setinggi tingginya pada Poliban atas terjalinnya kerja sama. Menurutnya, keberadaan Poliban selain sesuai tridarma perguruan tinggi juga bisa memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar.


“Dengan adanya MoU dan dilanjutkan dengan PKS, ini merupakan support Poliban untuk pesantren dengan membuat website dan media sosial untuk produk-produk koperasi pondok pesantren,” tuturnya.


Dengan demikian, lanjutnya, pihak Dewan Pengurus Wilayah Ikatan Pesantren Indonesia Kalsel siap bersinergi dengan Poliban untuk membantu mengenalkan produk-produk UKM Pesantren yang ada di Kalimantan Selatan.


“Kami dari pesantren insyaallah siap bekerjasama dengan Poliban untuk kemaslahatan umat,” tutupnya. (Poliban/Nan/Cecep)