Polibatam Gelar Program Wirausaha Merdeka 2022

Polibatam Gelar Program Wirausaha Merdeka 2022

Batam, Ditjen Vokasi - Politeknik Negeri Batam (Polibatam) dipercaya untuk menyelenggarakan program Wirausaha Merdeka tahun 2022 dari Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kemendikbudristek.

 

Grand launching program Wirausaha Merdeka 2022 dibuka secara resmi oleh Direktur Polibatam, Uuf Brajawidagda, di Auditorium Polibatam, beberapa waktu lalu.

 

Acara yang diselenggarakan secara luring dan daring ini disambut antusias para mahasiswa. Terbukti, hingga saat grand launching, jumlah peserta diterima dalam program ini telah mencapai 862 mahasiswa. Mereka berasal dari berbagai kampus mitra Polibatam se-Indonesia.

 

Sekadar diketahui, program Wirausaha Merdeka adalah bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Tujuannya adalah memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri menjadi calon entrepreneur melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan.

 

Melalui program ini, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi ingin mengajak para mahasiswa untuk berkolaborasi, beraksi, dan berbakti untuk negeri dalam perkembangan ekonomi masyarakat Indonesia.

 

Uuf mengungkapkan, Polibatam merupakan salah satu dari 17 perguruan tinggi yang ditunjuk untuk menyelenggarakan program Wirausaha Merdeka tahun 2022.

 

Menurut Uuf, dengan mengikuti kegiatan Wirausaha Merdeka angkatan I tahun 2022, mahasiswa akan memiliki kesempatan untuk mengasah jiwa kewirausahaan, soft skills, manajerial, serta mendorong peningkatan pengalaman wirausaha mahasiswa.

 

“Peningkatan kemampuan daya kerja mahasiswa dapat diakui dan disetarakan dalam bentuk satuan kredit semester (SKS),” kata Uuf.

Uuf berharap, mahasiswa yang mengikuti program ini dapat menjadi agen perubahan untuk membantu meningkatkan kualitas ekonomi masyarakat. Mereka juga dapat menjadi agen penggerak dalam memberikan solusi inovasi untuk membuka lapangan pekerjaan melalui peluang dan perkembangan bisnis mahasiswa.

 

Melalui program ini, mahasiswa dapat menjadi agen pelopor untuk menumbuhkan potensi kewirausahaan baru di Indonesia. “Semoga semua tim yang mendaftarkan  bisa sukses dalam mengembangkan usahanya dan menjadi entreprenuer sukses,” ujar Uuf berharap. (Diksi/Bam/AP/NA)