Polije Kukuhkan Kemitraan dengan 32 Mitra dan Industri

Jember, Ditjen Diksi - Peran strategis Politeknik Negeri Jember (Polije) sebagai salah satu perguruan tinggi vokasi negeri (PTVN) unggulan di Indonesia semakin nyata dan mendapatkan pengakuan segenap pemangku kepentingan, baik sesama perguruan tinggi, pemerintahan, serta kalangan industri, dunia usaha, dan dunia kerja (IDUKA). Hal itu ditandai dengan dilaksanakannya penandatangan MoU secara serentak dengan 32 institusi mitra dan IDUKA sekaligus memperingati Dies Natalis ke-32 Polije (27/10). Harapannya, perguruan tinggi dan IDUKA dapat menjalin kemitraan, baik dalam aspek perekrutan SDM, riset bersama, magang/PKL industri, dosen dari industri maupun kemitraan lainnya dengan IDUKA.

“Penandatanganan MoU secara serentak ini merupakan momentum melanjutkan kemitraan yang telah dilakukan Polije, untuk menyukseskan program ‘link and match’ dengan IDUKA”, tegas Direktur Polije Saiful Anwar.

Sementara itu Suhadi Lili selaku Subkoordinator Penyelenggara PTVP menegaskan, capaian prestasi Polije dalam program “link and match” berbeda dan melebihi rata-rata politeknik lainnya. “Apalagi dalam pengembangan teaching factory yang telah nyata menjadi penopang kualitas praktikum untuk memperkuat kompetensi, serta mampu menghasilkan PNBP dan kemitraan dengan IDUKA,” paparnya.

Penandatanganan MoU yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna Soetrisno Widjaja tersebut dilaksanakan secara daring dan luring. Adapun pimpinan mitra dan IDUKA yang hadir, yakni Direktur Politeknik Negeri Madura, Direktur Politeknik Banyuwangi, dan 9 pimpinan perusahaan (IDUKA). Sedangkan 20 mitra IDUKA lainnya melakukan tanda tangan secara daring.

Data 32 mitra dan IDUKA yang menandatangani MoU tersebut meliputi :

• Dua perguruan mancanegara (Jiangsu Agri-animal Husbandary Vocatioanal College China, dan Vaagdevi College of Engineering Warangal India)

• Empat PTN/PTS (Politeknik Negeri Madura, Politeknik Negeri Banyuwangi, Politeknik Indonusa Surakarta, dan Universitas Muhammadiyah Jember)

• Lima pemerintahan (Pemprov Jawa Timur, Pemprov Aceh, Pemkab Situbondo, Pemkab Sidoarjo, dan Pemkab Nganjuk)

• Direktur PT Botani Seed Indonesia, Bogor; Direktur Indomaret Grup, Jakarta; Direktur PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom), Jember; Direktur PT J&T Express Indonesia, Surabaya; Direktur PT Dua Kelinci, Pati; Direktur PT Gamatechno Indonesia, Yogyakarta; Ketua Ikatan Pengusaha Benih Holtikultura Indonesia, Malang; Direktur PT Charoend Phokphand Indonesia, Surabaya; Direktur PT Yoongbe Indonesia (PMA Korea), Jember; Direktur CV. Pertanian Bumi Jaya, Tanggul Jember; Direktur CV. Sekawan Tani Indonesia, Puger Jember; Direktur PT Bank Sinar MasSyariah Jember; Presiden Direktur PT Benih Citra Asia, Ajung Jember; Direktur PT Mangli Djaya Raya, Jember; Manager PT Roda Sakti Surya Raya (YAMAHA), Jember; PT Garudafood Putra Putri Jaya. Tbk; PT Manufactur Dynamic Indonesia; PT Seger Pakusari Agrobisnis; PT Marimas Putera Kencana, Semarang.

Menurut Presiden Direktur PT Benih Citra Asia, Slamet Sulistyono, pihaknya sudah sangat merasakan manfaat kemitraan dengan Polije, mulai dari perekrutan SDM, magang industri/PKL, riset bersama, menjadi dosen industri di Polije, serta kemitraan dalam bidang perbenihan. “Kemitraan antara kami dan Polije sudah terjalin erat, serta betul-betul sudah menerapkan prinsip ‘link and match’,” tuturnya.

Karenanya, kemitraan antara PTV dan IDUKA merupakan suatu keniscayaan, mengingat kebutuhan SDM di masa mendatang, membutuhkan SDM yang siap, terampil, dan kompeten, untuk menopang pembangunan. (Diksi/Polije/AP/GS)