PPNS Borong 7 Gelar di KKCTBN 2022

PPNS Borong 7 Gelar di KKCTBN 2022



Surabaya, Ditjen Vokasi -- Tim kontingen dari Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) kembali menorehkan prestasi dalam Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) 2022 yang berlangsung di Universitas Pembangunan Nasional ‘Veteran’, Jawa Timur, tanggal 11-15 November 2022. Dalam kompetisi tahunan berskala nasional ini, tim PPNS berhasil memboyong tujuh gelar kejuaraan di empat kategori yang berbeda.

 

PPNS berhasil meraih Juara 1 dan Best Prototype dalam kategori Pembuatan dan Performa Prototype Kapal Patroli Catamaran dengan FERC (fuel engine remote control) melalui tim Cakalang 7. Tim AEROShips menyumbang Juara 1 dan Best Prototype dalam kategori Pembuatan dan Performa Prototype Autonomous Semi-Submarine Drone (ASSD). Tak hanya itu, tim Cakalang 3 berhasil meraih Juara 2 dan Fun Race di kategori Pembuatan dan Performa Prototype Kapal High Speed Super Vessel dengan ERC (electric remote control). Cah Bagus Team 7 melengkapi raihan dengan turut menjadi Juara Harapan 1 dalam kategori Design Inovasi High Speed Super Vessel (HSSV) Catamaran.

 

PPNS berhasil bersaing dengan 100 peserta dari 31 perguruan tinggi (PT) se-Indonesia yang sudah terseleksi mengikuti perlombaan KKCTBN tahun 2022. KKCTBN adalah wadah pengembangan talenta bidang perkapalan, khususnya desain dan performa kapal cepat tak berawak. Dilansir laman Puspresnas, kegiatan ini bertujuan untuk mendorong generasi muda bangsa agar ikut berperan dalam kemandirian pertahanan dan keamanan laut Indonesia.

 

Perwakilan pembina tim KKCTBN PPNS, Agus Khumaedi, menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh tim PPNS. Dosen Prodi Teknik Otomasi ini juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh pembina dan para mahasiswa yang selalu bersemangat. Persiapan lomba yang dimulai 3 bulan lalu akhirnya terbayar dengan baik. “PPNS sudah membidik untuk mengikuti perlombaan internasional. Semoga kami mendapatkan dukungan,” ujarnya optimistis. (Diksi/PPNS/AP)