Produk Inovasi Vokasi ITS Ramaikan TENNOVEX

Produk Inovasi Vokasi ITS Ramaikan TENNOVEX


Surabaya, Ditjen Vokasi – Sejumlah karya mahasiswa Fakultas Vokasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya, Jawa Timur, turut tampil pada pameran inovasi teknologi bertajuk TENNOVEX 2022 yang diselenggarakan ITS. Selain untuk meramaikan rangkaian Dies Natalis ke-62 ITS, tampilnya produk-produk inovasi ini sekaligus menjadi ajang promosi karya-karya vokasi ITS kepada masyarakat. 

 

Salah satu karya inovasi yang tampil adalah “Smart Eco Farming”, yang merupakan produk inovasi dari tim mahasiswa Departemen Teknik Otomasi, Fakultas Vokasi, ITS. Smart Eco Farming merupakan sistem untuk membantu melakukan pemantauan pada kegiatan pertanian berbasis internet of things (IoT). Keberadaan alat ini dapat membantu memudahkan petani untuk melakukan pemantauan kondisi atau kegiatan pertanian mereka secara online

 

Selain Smart Eco Farming, produk inovasi lain yang dipajang dalam pemeran TENNOVEX 2022 tersebut adalah Inclino Meter, yakni alat deteksi kelongsoran tanah real time. Seperti halnya Smart Eco Farming, Inclino Meter juga berbasis internet. Alat ini digunakan sebagai bagian dari sistem peringatan dini (early warning system) terhadap adanya kemungkinan terjadinya kelongsoran tanah di satu kawasan.

 

Selain kedua produk inovasi tersebut, masih ada beberapa karya vokasi lainnya yang turut tampil menjadi bagian dari 62 produk inovasi karya mahasiswa ITS lainnya, termasuk alat mengusir hama pertanian.

 

Rektor ITS, Mochamad Ashari, mengatakan bahwa karya teknologi inovasi dari civitas vokasi yang tampil dalam pameran ini diharapkan dapat diimplementasikan dalam industri untuk menjawab permasalahan-permasalahan yang ada di masyarakat. “Produk-produk inovasi ITS ini telah siap diproduksi secara massal untuk menjawab permasalahan di masyarakat,” katanya.

 

Selain itu, produk lain yang siap diproduksi, antara lain e-Trail BANGKITS, motor trail listrik yang dipergunakan di daerah pegunungan Puncak Jaya Wijaya, Papua. Ada pula tablet merah putih DIGITS, yakni tablet edukasi yang dimanfaatkan untuk daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) Indonesia. Tidak ketinggalan pula, motor listrik GESITS serta mobil otonom i-Car, yakni mobil cerdas tanpa sopir yang telah melayani rute dalam kampus ITS dan rute lainnya. 

 

Lebih lanjut, Ashari mengatakan bahwa karya inovasi teknologi yang dipamerkan berasal dari beberapa klaster, seperti inovasi kesehatan, maritim, teknologi informasi, dan robotika.

 

Pameran TENNOVEX 2022 sendiri berlangsung di Atrium Grand City Surabaya. Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak, menjadi salah satu pejabat yang hadir dan turut membuka acara pameran. (Diksi/Nan/AP)