Punya Passion di Bidang Seni? Bisa Masuk SMK Jurusan Seni

Punya Passion di Bidang Seni? Bisa Masuk SMK Jurusan Seni

Jakarta, Ditjen Vokasi – Berkesenian merupakan salah satu cara manusia mengekspresikan proses kebudayaannya. Setiap manusia memiliki bakat yang berbeda-beda. Ada yang memiliki bakat di bidang olahraga, tata boga, seni, dan lainnya.  


Nah, untuk kalian yang ingin menyalurkan bakat seni dengan melanjutkan ke sekolah, SMK kesenian dapat menjadi wadah generasi milenial untuk belajar atau memperdalam bakat keseniannya. Ada beberapa SMK di Indonesia yang dapat kamu tuju untuk melanjutkan pendidikan kesenian.

  1. SMKN 3 Sukawati

SMK seni yang semula bernama SMK Negeri Denpasar ini terletak di Jalan Taak Indah, Batubulan, Sukawati, Gianyar. Sekolah ini menawarkan beberapa jurusan kesenian, antara lain Jurusan Seni Tari Bali, Pedalangan, Karawitan, dan Seni Musik Nonklasik.


  1. SMKN 12 Surabaya

SMK kesenian terbesar di Jawa Timur ini menawarkan 15 jurusan terkait seni di antaranya Seni Musik, Seni Tari, Seni Karawitan, Seni Pedalangan, Seni Teater, Seni Lukis, Kriya Kreatif dan Rotan, Kriya Kreatif Batik dan Tekstil, Kriya Kreatif Kulit dan Imitasi, Kriya Kreatif Logam dan Perhiasan, Produksi Film, Desain Komunikasi Visual, dan Animasi. 


  1. SMKN 8 Surakarta

Jurusan kesenian yang ada di SMKN 8 Surakarta, antara lain Seni Karawitan, Penataan Karawitan, Seni Tari, Penataan Tari, Seni Pedalangan, Seni Musik, dan Seni Teater.


  1. SMKN 1 Kasihan

Di Provinsi D.I. Yogyakarta, ada SMKN 1 Kasihan yang beralamat di Bugisan yang memiliki empat kompetensi keahlian yakni Seni Tari, Seni Karawitan, Seni Pedalangan, dan Pemeranan.


  1. SMKN 3 Banyumas

Sama halnya dengan SMK sebelumnya, SMK yang berlokasi di Sudagaran, Banyumas ini juga memiliki kompetensi keahlian di bidang seni, antara lain Seni Tari, Seni Karawitan, Seni Pedalangan, Seni Musik, dan Seni Broadcasting dan Film.


  1. SMKN 10 Bandung

SMKN 10 Bandung memiliki beberapa kompetensi keahlian di antaranya Seni Karawitan, Seni Tari, Seni Musik, dan Seni Teater yang masuk dalam kategori seni pertunjukan. Selain itu dalam SMK ini juga memiliki kompetensi keahlian Seni Broadcasting dan Film.


  1. SMKN 14 Bandung

Sama halnya dengan SMKN 10 Bandung, SMKN 14 Bandung merupakan salah satu sekolah kejuruan yang memiliki kompetensi keahlian dalam bidang seni, di antaranya Desain Komunikasi  Visual, Animasi, Kriya Kreatif Kayu dan Rotan. Kriya Kreatif Logam dan Perhiasan, Kriya Kreatif Kulit dan Imitasi, Kriya Kreatif Batik dan Tekstil, dan Kriya Kreatif Keramik. 


  1. SMKN 58 Jakarta

SMK yang terletak di Jakarta ini memiliki beberapa kompetensi keahlian terkait seni, di antaranya Desain Komunikasi Visual, Kriya Kreatif Batik dan Tekstil, Kriya Kreatif Logam dan Perhiasan, Kriya Kreatif Kayu dan Rotan, serta Seni Lukis.


  1. SMKN 7 Padang

Selanjutnya ada SMKN 7 Padang yang memiliki kompetensi keahlian yang bergerak dalam bidang Seni Pertunjukan Minang, seperti Seni Tari Minang, Seni Karawitan Minang, Seni Teater, dan Seni Musik Nonklasik.


  1. SMKN 2 Gowa

Selain itu, di wilayah Sulawesi juga terdapat SMKN 2 Gowa yang bergelut di bidang seni. Sekolah yang beralamat di Sungguminasa, Somba Opu, Gowa ini memiliki berbagai kompetensi keahlian, yakni Seni Musik Populer, Seni Tari, dan Seni Karawitan.


Nah, sudah tahu kan beberapa contoh SMK di Indonesia yang memiliki kompetensi di bidang seni. Sekarang tinggal pilih SMK mana yang akan dijadikan sekolah tujuanmu. (Aya/Adi Sutrisno)