Rahasia Membuat Ayam Goreng Agar Renyah dan Crispy

Rahasia Membuat Ayam Goreng Agar Renyah dan Crispy

Yogyakarta, Ditjen Vokasi - Ayam goreng merupakan makanan yang sangat digemari oleh berbagai kalangan. Dari muda sampai tua, makanan ini menjadi pilihan untuk disajikan tidak hanya dengan nasi, tetapi juga tanpa nasi. Salah satu kelezatan ayam goreng ialah kerenyahannya yang tiada tara.


Gigitan pertama memiliki tekstur luar yang garing, diikuti oleh daging ayam yang lembut dan juicy di dalamnya. Kombinasi sempurna ini membuat mulut kita langsung ingin mencicipi lagi dan lagi. Namun, apakah kamu tahu bagaimana membuat ayam goreng senikmat itu?


Nah, di artikel ini, LKP Jogja Culinary School melalui Chef Gungun Chandra akan membagikan tip dan trik terbaik untuk menciptakan ayam goreng yang renyah dan crispy di rumah.


  1. Persiapkan potongan ayam

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mempersiapkan potongan ayam. Pilih potongan ayam yang memiliki lemak lebih banyak untuk hasil yang lebih renyah dan lezat. Bersihkan ayam dengan air dan keringkan dengan handuk kertas.


  1. Buat bumbu marinasi ayam

Untuk menciptakan ayam yang kaya akan rasa, penting sekali memarinasi ayam dengan bumbu terlebih dahulu. Campurkan bawang putih cincang, garam, lada, paprika bubuk, bawang bubuk, dan kaldu ayam bubuk dalam sebuah mangkuk. Lumuri ayam dengan bumbu marinasi dan gosok-gosok hingga merata. Lalu diamkan ayam dalam bumbu marinasi selama minimal 30 menit.


  1. Lapisi ayam dengan tepung

Hal inilah yang membedakan ayam goreng renyah dengan jenis sajian ayam lainnya, yaitu menggunakan teknik pelapisan tepung. Pelapisan tepung pada ayam adalah kunci untuk menciptakan lapisan luar yang renyah dan crispy


Campurkan tepung serbaguna, tepung maizena, paprika bubuk, garam, dan lada dalam sebuah wadah. Celupkan ayam yang sudah direndam dalam bumbu marinasi ke dalam campuran tepung, pastikan seluruh permukaan ayam terlapisi dengan baik.


  1. Goreng ayam dengan teknik yang tepat

Setelah ayam sudah terlapisi tepung inilah saatnya untuk menggoreng ayam tersebut. Akan tetapi tidak sembarang asal menggoreng, ya.


Panaskan minyak dalam wajan dengan suhu sekitar 160-180 derajat celcius atau dengan api kompor sedang. Goreng ayam secara perlahan dalam minyak panas hingga keemasan dan renyah di kedua sisi. Angkat ayam goreng dan tiriskan minyak berlebih dengan meletakkannya di atas kertas minyak atau tisu dapur.


  1. Sajikan ayam goreng 

Jika semua ayam sudah tergoreng, maka kamu sudah dapat menyajikan ayam goreng renyah dan crispy. Chef Gungun pun menyarankan agar menyajikan ayam goreng dengan irisan lemon atau saus. Nikmati ayam goreng dengan segera untuk mendapatkan hasil terbaik.


Nah, dengan mengikuti tip rahasia di atas kamu bisa membuat ayam goreng yang crispy di rumah. Jangan ragu untuk menguji resep ini dan nikmati ayam goreng yang tak tertandingi dalam kelezatan dan teksturnya. Selamat mencoba!