Seleksi Melalui 3 Jalur, Politala Targetkan 910 Mahasiswa baru Tahun 2023/2024

Seleksi Melalui 3 Jalur, Politala Targetkan 910 Mahasiswa baru Tahun 2023/2024

Seleksi Melalui 3 Jalur, Politala Targetkan 910 Mahasiswa baru Tahun 2023/2024 


Tanah Laut, Ditjen Vokasi -  Politeknik Negeri Tanah Laut (Politala) terus melakukan sosialisasi penerimaan mahasiswa baru tahun 2023-2024. Untuk tahun ini, Politala menyiapkan 910 kuota bagi mahasiswa baru yang akan dibuka melalui  Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan jalur Mandiri. 


Sosialisasi penerimaan mahasiswa baru tahun 2023-2024 sendiri dilakukan bersamaan dengan pagelaran seni yang ditampilkan oleh segenap civitas academica Politala di Atrium Q-Mall Banjarbaru, Banjarmasin beberapa waktu lalu. Acara sosialisasi penerimaan mahasiswa baru tahun 2023-2024 yang dirangkai dengan pagelaran seni tersebut dihadiri oleh jajaran civitas academica Politala, mulai dari Direktur Politeknik Negeri Tanah Laut (Mufrida Zein), Wakil Direktur I (Nuryati), Wakil Direktur II (Tekad Budiantoro), Wakil Direktur III (Titik Wijayanti), seluruh Ketua Jurusan beserta Sekretaris dan Ketua Program Studi, para dosen, dan staf kependidikan, termasuk Ketua Dewan Pertimbangan (Sihabbudin Chalid).


“Kami ingin lebih memperkenalkan lagi Politeknik Negeri Tanah Laut kepada warga masyarakat, khususnya warga masyarakat di Kalimantan Selatan,” kata Direktur Politeknik Negeri Tanah Laut, Mufrida Zein, beberapa waktu lalu.


Selain menyelenggarakan pagelaran seni, Politala juga membuka stan informasi penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2023-2024 di Atrium Q-Mall. Pembukaan stan khusus untuk penerimaan mahasiswa baru ini mendapatkan respons positif dari masyarakat atau pengunjung Q-Mall yang antusias bertanya perihal penerimaan mahasiswa baru 2023-2024. 


“Tahun ajaran 2023-2024 ini, Politala membuka kuota sebanyak 910 mahasiswa untuk jenjang diploma tiga dan diploma empat atau sarjana terapan di sembilan program studi,” kata Mufrida Zein menambahkan.  


Pada tahun ajaran ini, Politala juga membuka dua program studi baru, yakni D-4 Teknologi Rekayasa Pemeliharaan Alat Berat dan Akuntansi Perpajakan. Dengan penambahan prodi baru tersebut, Politala kini memiliki sembilan program studi, yakni D-3 Teknologi Informasi, D-3 Agroindustri, D-3 Teknologi Otomotif, D-3 Akuntansi, D-4 Teknologi Rekayasa Komputer Jaringan, D-4 Teknologi Rekayasa Konstruksi Jalan dan Jembatan, dan D-4 Teknologi Pakan Ternak. 


Sementara terkait jalur seleksi yang dibuka, Politala membuka tiga jalur seleksi untuk mahasiswa baru dengan peruntukan sebagai berikut, 20 persen untuk jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), 40 persen melalui Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan 30 persen melalui jalur mandiri.


Politeknik Negeri Tanah Laut sendiri merupakan salah satu politeknik negeri yang ada di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Meskipun termasuk politeknik baru, Politala berhasil masuk dalam 10 besar politeknik negeri versi lembaga survei Webometric yang dirilis pada Januari 2022 lalu. (Politala/Nan/Cecep Somantri)