SMKN 2 Batam Gelar Magang Guru Pariwisata

Batam, Ditjen Vokasi - Mengasah kompetensi guru agar semakin terampil dan cakap sesuai dengan bidang kompetensinya, guru sekolah menengah kejuruan (SMK) perlu mengikuti program magang langsung di industri maupun sekolah yang menjadi rujukan. Oleh karena itu, SMKN 2 Batam membuka kesempatan magang kepada 18 guru jurusan usaha perjalanan wisata dari berbagai wilayah di Indonesia yang akan diselenggarakan pada tanggal 1-23 September 2022.

 

Salah satu guru SMKN 2 Batam, Herlina, menyebutkan, program magang yang diadakan oleh Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Bisnis dan Pariwisata, Kemendikbudristek, tersebut menunjuk SMKN 2 Batam sebagai rujukan tentu telah melalui berbagai proses kurasi sebelumnya. “Batam dipilih, salah satunya sudah melalui proses penyeleksian penilaian dan dinilai layak,” ujarnya.

 

Herlina menambahkan, 18 guru yang akan magang di SMKN 2 Batam tersebut berasal dari Jakarta, Bandung, Makassar, Palembang, Bandar Lampung, Gorontalo, Tarakan, Palu, dan Pangkal Pinang. Delapan belas guru tersebut nantinya akan magang di berbagai industri pada sektor pariwisata yang ada di Batam.

 

“Mereka akan mengikuti program inspeksi ke hotel, resor, golf, dan pelabuhan. Kemudian ada juga kunjungan destinasi wisata ke Welcome to Batam, Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah, Museum Batam Raja Ali Haji, Masjid Tanjak, Kantor Walikota, Kantor Disbudpar (Dinas Kebudayaan dan Pariwisata), dan Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah),” jelas Herlina.

 

Herlina menambahkan, pada akhir program magang tersebut juga akan dilaksanakan uji kompetensi untuk mengetahui pengembangan kompetensi guru setelah melakukan magang di industri. (Diksi/Tan/AP/NA)