SMKN 3 Pekanbaru Berbagi Info: 3 Urutan Skincare Dasar untuk Pemula

SMKN 3 Pekanbaru Berbagi Info: 3 Urutan Skincare Dasar untuk Pemula

Pekanbaru, Ditjen Vokasi – Memiliki kulit yang sehat adalah dambaan kita semua. Untuk mendapatkan kulit yang sehat tentunya dibutuhkan sebuah perawatan yang benar dan produk yang tepat. 


Akhir-akhir ini kita mungkin sering disibukkan dengan aktivitas padat di luar ruangan. Kepadatan ini seringkali membuat kita menjadi lupa untuk memperhatikan kesehatan kulit terutama di area wajah. Padahal, jika ini didiamkan terus-menerus dapat menimbulkan permasalahan kulit yang serius, mulai dari jerawat, kulit berminyak, kulit kusam, hingga penuaan dini. Apabila ini terjadi dapat membuat rasa percaya diri kita berkurang atau lebih parahnya kita harus merogoh biaya lebih dalam untuk memperbaiki kesehatan kulit kita. 


Oleh karena itu, penting sekali buat kita untuk merawat kesehatan kulit wajah agar terhindar dari permasalahan tersebut. Mungkin sebagian besar dari kita sudah paham dan lihai terkait perawatan wajah. Buat kalian yang belum pernah mencoba perawatan wajah kalian bisa dulu nih melakukan perawatan wajah sederhana dari rumah. 


Nah, untuk perawatan wajah sederhana ini kalian cukup menggunakan tiga produk skincare saja. Ketiga produk tersebut harus diaplikasikan dengan urutan yang tepat. Buat kalian yang belum tahu urutan pemakaian dari tiga jenis skincare ini tidak perlu khawatir karena Martin Desiana, guru Jurusan Tata Kecantikan SMKN 3 Pekanbaru, Riau akan membagikan informasi tata cara pemakaian tiga skincare yang tepat.


  1. Pembersih Wajah

Urutan pertama dalam penggunaan skincare adalah pembersih wajah. Setelah kita selesai beraktifitas dari luar pastikan untuk menyempatkan waktu guna membersihkan wajah terlebih dahulu. Proses ini berfungsi untuk menghilangkan debu, sisa make up, ataupun kotoran-kotoran lain yang menempel di kulit wajah kita. Proses ini juga turut membantu kita dalam mencegah munculnya komedo, mencegah jerawat, mengontrol produksi minyak dan membuat wajah terlihat lebih segar.


“Kita bisa menggunakan produk sabun muka yang sesuai dengan jenis kulit. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari terjadinya iritasi pada kulit,” ucap Desiana.


  1. Pelembab Wajah

Setelah kulit wajah kita bersih, kita bisa menggunakan pelembab. Pelembab ini memiliki fungsi untuk melembabkan kulit wajah, mengontrol produksi minyak, menguatkan lapisan kulit, dan menghaluskan tekstur kulit. Penggunaan pelembab ini bisa diaplikasikan pada pagi dan malam hari. 


“Penggunaan pelembab tentunya bermanfaat sekali karena kulit wajah kita bisa lebih terhidrasi sehingga terhindar dari masalah kulit kering,” ucap Desiana.


  1. Tabir Surya

Skincare terakhir yang harus dimiliki dan dipakai setiap saat adalah tabir surya. Pemakaian tabir surya dipakai di urutan paling terakhir setelah kita menggunakan pelembab. Penggunaan tabir surya sendiri berfungsi untuk melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari, mencegah hiperpigmentasi kulit, melindungi lapisan kulit dari radikal bebas, mencerahkan dan mencegah tanda-tanda penuaan dini pada kulit.


“Tabir surya ini harus dipakai secara periodik setiap empat jam sekali. Kita bisa menggunakan tabir surya dengan minimal SPF 30 PA+++,” ucap Desiana.


Itu dia ketiga skincare yang perlu dimiliki dan urutan penggunaannya yang benar. Buat kalian yang sekarang ini belum peduli dengan kesehatan kulit wajahmu, yuk perlahan mulai merawat. Kulit wajah adalah salah satu aset kita yang berharga dan perlu kita jaga. (Aya/Cecep)


Sumber foto: Freepik.com