Suka Fotografi? Begini Caranya Biar Dapat Penghasilan dari Jual Stok Foto

Suka Fotografi? Begini Caranya Biar Dapat Penghasilan dari Jual Stok Foto

Bekasi, Ditjen Vokasi - Siapa yang tak ingin mengubah hobi menjadi cuan. Kamu dapat memiliki kesenangan batin karena melakukan hal yang disuka sekaligus mendapatkan penghasilan dari hobi tersebut. Salah satu hobi yang memiliki peluang mendapatkan cuan adalah fotografi.


Ready Hardiyatmoko dari Komunitas Fotografi Bogor memberikan arahan untuk peserta didik di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) GSNP Edu Pro, Bekasi, Jawa Barat mengenai cara memulai jualan stok foto di internet.


Tentunya kamu pernah kan melihat stok foto di berbagai laman fotografi seperti Shutterstock, iStock, Pixabay, Freepik, dan lain sebagainya. Tahu nggak? Setiap kontributor yang mengunggah hasil karyanya di laman tersebut dan berhasil terjual akan mendapatkan pendapatan dari setiap foto. Penasaran seperti apa kan langkah-langkahnya? 


Ready mengatakan bahwa bagi kamu yang tertarik menjual stok fotonya yaitu dengan memilih dan membuat akun di laman agensi fotografi. Pembuatan akun tersebut tidak dikenakan biaya sepeser pun. Setelah membuat akun, kamu dapat mulai mengunggah foto yang bisa dipilih.


“Buatlah deskripsi dan gunakan keyword yang tepat sesuai dengan foto tersebut,” tutur Ready


Ready juga menambahkan, untuk memulai jualan stok foto di internet, kamu harus memilih momen yang tepat dalam mengunggah foto. Dengan begitu foto yang diunggah mendapatkan peluang lebih untuk terjual.


“Ada momen-momen seperti natal, lebaran, dan lain-lain. Jualah foto yang bertemakan hal tersebut,” ujar Ready.


Menurutnya, dua sampai tiga bulan sebelum momen itu, orang-orang sudah mencari konten mengenai hal tersebut. Jadi, persiapkan konten foto yang akan diunggah jauh-jauh hari. Hal tersebut dikarenakan kebanyakan orang akan memerlukan foto-foto untuk promosi media sosial, blog, pamflet, dan lain sebagainya.


Terakhir, Ready juga berpesan untuk rutin mengunggah foto-foto. Tak perlu menggunakan kamera yang bagus dan memfoto di tempat yang jauh. Cukup memfoto di sekitar kita dan kehidupan sehari-hari. Agar lebih dikenal, jangan lupa untuk mempromosikan portofolio foto ke calon pembeli dengan memanfaatkan media sosial atau blog pribadi. 


Dari hasil stok foto tersebut, Ready pun pernah mendapatkan 450 dolar dalam satu foto yang terjual. Pada umumnya, foto yang terjual diberi persentase tertentu di situs stok foto tersebut.


Bagaimana Sobat Vokasi? Bagi kamu yang punya keahlian di bidang fotografi boleh banget nih coba jualan stok foto di internet. Apalagi bagi kamu yang ikut kursus fotografi. Maka dari itu, cara ini sangat cocok bagi kamu yang lagi cari penghasilan tambahan. Selamat mencoba, ya! (Zia/Cecep)