Syiar dengan Cara Cantik, LKP SAS Center Gelar Kompetisi Hijab Ambassador 2023

Syiar dengan Cara Cantik, LKP SAS Center Gelar Kompetisi Hijab Ambassador 2023

Magelang, Ditjen Vokasi - Secara bahasa, cantik memiliki artian yang sangat luas. Salah satunya adalah berpenampilan dan berkepribadian baik. Itulah yang ingin digagas oleh Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Sas Center, Magelang, Jawa Tengah dengan menggelar SAS Hijab Ambassador 2023. 


LKP yang berfokus di bidang keterampilan public speaking itu merancang bahwa kompetisi kecantikan bagi wanita adalah dengan memuliakan wanita, bukan merendahkan martabat wanita karena mempertontonkan tubuh wanita dengan gaun terbuka. 


“Kegiatan ini untuk umum dan menyasar perempuan maksimal 25 tahun. Selain cantik, cerdas, dan santun, kontestan juga diharuskan untuk bisa membaca Al-Qur’an,” tutur Sasmiati Satya Widyastuti selaku Direktur LKP SAS Center.


Dalam memilih pemenang, Sasmiati dan para juri benar-benar selektif. Maka dari itu, ia benar-benar mencari kontestan yang menjadikan hijab sebagai jati diri. Menurutnya, hijab adalah kewajiban bagi setiap muslimah. Hijab bukan penghalang bagi muslimah untuk mengembangkan setiap potensi yang ada dalam diri setiap muslimah di mana pun berada.


Sasmiati menegaskan, “Kegiatan ini bertujuan sebagai bentuk nyata implementasi woman support woman.


Lebih lanjut, Samiati mengungkapkan bahwa Hijab Ambassador yang digagas oleh LKP SAS Center sejak 2016 memiliki nilai untuk membina muslimah di Kota Magelang dan sekitarnya. Kegiatan ini menjadi wadah bagi para muslimah untuk terus berkarya dan berdaya melalui pembinaan dan pelatihan. 


Dari 30 kontestan yang mendaftar, kegiatan ini pun dimenangkan oleh  Isabella Anovdy Laksita Maheswari atau biasa disapa Bella. Saat itu Bella tampil percaya diri dengan balutan gaun berwarna hijau sage di acara Final SAS Hijab Ambassador 2023 pada Mei lalu. Ia mempersiapkan sebaik mungkin untuk bisa unjuk gigi terkait bakatnya di bidang public speaking dan modelling.


“Sebelum final saya mendapatkan pembekalan yang terdiri atas pelatihan public speaking, pelatihan personality, pelatihan muslimah modelling, psikotes, dan table manner,” ungkap Bella.


Sebagai masyarakat asli Magelang, Bella benar-benar merasakan manfaat dari Hijab Ambassador. Setelah kompetisi ini, ia diberikan amanah sebagai duta hijab. Duta hijab merupakan wadah untuk mempromosikan budaya Islami, yang diharapkan dapat langsung menjangkau masyarakat melalui kegiatan sosial dan dapat menjadi panutan bagi generasi muslimah lainnya.


Bella menjelaskan, “Insyaallah, saya dan pemenang yang lain siap melaksanakan tugas tersebut. Berdasarkan arahan Bu Sas, nanti ke depan akan ada kegiatan-kegiatan sosial, seperti galang dana untuk santri yang diselenggarakan oleh LKP SAS Center.” 


Selain itu, pemenang Hijab Ambassador juga akan mendapatkan kursus gratis di SAS Center mengenai tiga kelas unggulan, yaitu public speaking, personality, dan modelling


“Melalui kegiatan ini saya merasa senang karena bisa mengasah passion saya di bidang tersebut,” tutur Bella semangat.


Sebagai tambahan informasi, pemilihan Hijab Ambassador tahun 2023 ini semakin istimewa karena LKP SAS Center bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang sehingga kegiatannya menjadi satu rangkaian dengan kegiatan Magelang Education Festival (MEF). Dengan demikian, Hijab Ambassador pun mengambil bagian untuk peningkatan kualitas pendidikan di Kota Magelang, khususnya menjadi bukti nyata bahwa lembaga pendidikan nonformal bisa menghadirkan SDM yang berkualitas. (Zia/Cecep)