Tampil Cantik saat Lebaran dengan Tip Make Up Berikut

Tampil Cantik saat Lebaran dengan Tip Make Up Berikut

Bandung, Ditjen Vokasi -  Lebaran adalah salah satu momen yang paling dinanti-nanti oleh umat muslim di seluruh dunia. Selain menjadi momen yang penuh dengan makna dan kebersamaan, lebaran juga menjadi momen yang dihiasi dengan nuansa keindahan. Tak heran jika banyak perempuan yang merencanakan tampil cantik dengan make up pada hari lebaran. Apakah kamu salah satunya Sobat Vokasi?


Hanya saja, memilih make up yang tepat untuk lebaran bisa menjadi sebuah tantangan tersendiri. Kamu tentunya ingin tampil cantik dan memukau, namun tetap nyaman dan tidak berlebihan. 


Veni Berliana Agustiani, Penguji dan Instruktur LKP Nuning, Cimahi, Jawa Barat menyampaikan seberapa penting tampil cantik saat lebaran. 


Make up di momen lebaran sangat penting, karena kita akan banyak bertemu dengan orang lain. Minimal dengan make up wajah terlihat fresh,” tutur Veni. 


Nah, untuk membantu kamu tampil cantik, berikut adalah beberapa tip make up menurut Veni sudah sukses mengembangkan Veni Wedding Organizer.


  1. Bersihkan kulit wajah

Sebelum memulai make up, pastikan kulit kamu dalam kondisi yang sehat dan segar. Bersihkan wajah dengan sabun wajah yang sesuai dengan jenis kulit  dan gunakan pelembab agar kulit terasa halus dan lembut. 


Selain itu, kamu juga bisa menggunakan masker wajah untuk mendapatkan kulit yang lebih cerah dan segar. Setelah itu, kamu dapat menggunakan sunscreen agar kulit tetap sehat tak terbakar matahari.


  1. Pilih foundation yang tepat

Foundation adalah dasar make up yang penting untuk membuat kulit terlihat merata dan halus. Pilihlah foundation yang cocok dengan jenis kulit. Venny menyampaikan pilihlah warna foundation yang lebih terang dengan warna kulit. 


Selain tips di atas, jangan lupa untuk memilih foundation yang tahan lama sehingga make up kamu tahan lama, seperti memilih  foundation yang matte. 


Jika kamu terasa berat menggunakan foundation, maka bisa gunakan BB cushion. BB cushion memiliki tekstur yang lebih ringan dan mudah menyerap ke dalam kulit sehingga memberikan hasil yang lebih natural dan halus. 


  1. Gunakan lipstik

Lipstik menjadi hal terpenting dalam merias wajah dan memberikan sentuhan yang lebih berwarna.  Bisa dikatakan, lipstik menjadi penutup make up yang penting. 


Untuk make up lebaran, pilihlah warna lipstik yang cocok dengan tema make up dan sesuaikan dengan warna kulit. Contohnya kamu bisa menggunakan warna nude atau peach. Hindari menggunakan warna lipstik yang terang dan merah. Jangan lupa untuk memilih lipstik yang tahan lama sehingga kamu tidak perlu sering-sering mengaplikasikan ulang.


  1. Percantik mata dengan eyeshadow

Untuk membuat make up semakin berwarna, tambahkan eyeshadow. Pilihan eyeshadow dengan warna yang natural misal orange muda atau coklat muda di-blend. Untuk membuat mata kamu terlihat lebih tajam dan menawan, maka kamu bisa menggunakan eyeliner. 


  1. Jaga make up

Saat lebaran, tentunya Sobat Vokasi akan bersilaturahmi ke rumah tetangga atau saudara. Apalagi sehabis menyantap opor dan ketupat, sering kali make up luntur karena keringat. Agar make up tetap on point, kamu bisa menjaganya. Kuncinya adalah ketika kamu berkeringat, cukup di tap-tap pakai tisu atau spons foundation secara perlahan. Hindari mengelap keringat secara sekaligus, ya. 


Itu dia tip yang bisa kamu gunakan untuk tampil menawan saat lebaran. Bagi umat muslim yang hendak salat Idulfitri, pastikan untuk mengambil wudu terlebih dahulu sebelum make up. Hal itu berguna agar make up tidak luntur terkena air. Selamat mencoba, Sobat Vokasi. (Zia/Nur Arifin)