Tampil di Event Internasional, Sendratari Ramayana AKN Seni dan Budaya Yogyakarta Pukau Petinggi Negara-Negara Asia

Tampil di Event Internasional, Sendratari Ramayana AKN Seni dan Budaya Yogyakarta Pukau Petinggi Negara-Negara Asia

Yogyakarta, Ditjen Vokasi - Kiprah Akademi Komunitas Negeri (AKN) Seni dan Budaya Yogyakarta dalam event internasional mulai diperhitungkan. Berita terbaru adalah para dosen dan mahasiswa AKN Seni dan Budaya Yogyakarta tampil memukau membawakan Sendratari Ramayana pada acara pembukaan Asean Tourism Forum (ATF) 2023 yang digelar di Yogyakarta, Jumat malam (4-2-2023). Pertunjukan tersebut bahkan disaksikan langsung oleh Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin dan para pimpinan negara-negara Asean dan juga sejumlah negara di Asia seperti Jepang, India, Tiongkok, dan sebagainya.


Salah seorang penari yang juga dosen seni tari AKN Seni Budaya Yogyakarta, Damar Kasiadi, mengaku sangat senang dan bangga bisa terlibat dalam pementasan Sendratari Ramayana di ajang tersebut. Terlebih, event tahunan ini merupakan acara berskala internasional  yang dihadiri oleh kepala negara dan para pimpinan negara se-Asia. 


“Ini tentu menjadi motivasi bagi kami, bagi para generasi muda, khususnya mahasiswa AKN Seni dan Budaya Yogyakarta untuk lebih bersemangat dalam belajar dan nguri-uri seni dan budaya Yogyakarta agar tetap lestari,” ujar Damar. 


Sendratari Ramayana merupakan sebuah pertunjukan yang menggabungkan tari dan drama tanpa dialog yang diangkat dari cerita Ramayana. Cerita Ramayana yang didasarkan pada epos Hindu tersebut diadaptasi dengan budaya Jawa sehingga membuat Sendratari Ramayana menjadi pertunjukan tarian yang unik.  


Menurut Damar, selain dirinya, dalam pertunjukan tersebut, ia juga dibantu dengan dosen-dosen tari lainnya serta para mahasiswa AKN Seni dan Budaya Yogyakarta yang sudah mempersiapkan pertunjukan ini jauh-jauh hari. 


“Jadi, ini adalah pertunjukan hasil kolaborasi antara dosen, saya sendiri, dan Pak Adityanto Aji serta para mahasiswa,” kata Damar. 


Sementara itu, Direktur AKN Seni dan Budaya Yogyakarta, Supadma, juga mengapresiasi penampilan apik para dosen dan mahasiswa dalam membawakan Sendratari Ramayana tersebut. Ia berharap, ke depan AKN Seni dan Budaya Yogyakarta bisa lebih banyak dilibatkan pada event-event internasional lainnya.


Asean Tourism Forum  (AFT) sendiri merupakan sebuah forum kerja sama antara negara-negara anggota ASEAN dalam bidang pariwisata untuk mempromosikan kawasan ASEAN sebagai destinasi tunggal. ATF 2023 di Yogyakarta ini mengangkat tema “ASEAN: A Journey to Wonderful Destinations” yang mempresentasikan harapan utama sektor pariwisata dalam mengembangkan destinasi utama regional dan internasional.


Sementara itu, dalam sambutannya sesaat sebelum melakukan pemukulan gong tanda ATF 2023 dibuka, Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin, mengatakan bahwa forum ATF 2023 akan menjadi pengobar semangat kebangkitan pariwisata di ASEAN dan menjadi wadah diskusi serta formulasi kebijakan dan program nyata pengembangan pariwisata yang lebih praktis. 


“Saya ucapkan selamat datang di Indonesia. Selamat datang di kota budaya, Yogyakarta. Saya sampaikan salam hangat dari Bapak Presiden yang sedianya membuka acara ini, tetapi beliau berhalangan karena harus memenuhi agenda kenegaraan lainnya,” kata Wapres Ma’ruf Amin membuka sambutannya. 


Selain dihadiri oleh Wapres Ma’ruf Amin, forum tahunan tersebut juga dihadiri oleh Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif RI, Deputi Sekjen ASEAN Bidang Ekonomi Masyarakat, dan Menteri Pariwisata dari negara-negara ASEAN dan negara-negara mitra seperti Jepang, Korea, Tiongkok, India, dan Rusia serta Wakil Gubernur dan para Kepala Daerah se-Daerah Istimewa Yogyakarta.(AKN SB Yogyakarta/ Nan/Cecep Somantri)