Tim Dosen Poltera Kembangkan Aplikasi yang Bisa Memesan Jasa Emergency Service

Tim Dosen Poltera Kembangkan Aplikasi yang Bisa Memesan Jasa Emergency Service

Sampang, Ditjen Vokasi - Tim dosen dari Politeknik Negeri Madura (Poltera) mengembangkan aplikasi Fixnparts, yakni aplikasi pemesanan jasa perawatan dan pembelian suku cadang kendaraan. Selain bisa melakukan pembelian suku cadang, dengan aplikasi ini, pengguna juga bisa memesan jasa service untuk kendaraan mereka. 


Ketua tim pengembangan aplikasi Fixnparts, Ahmad Mustofa, mengatakan bahwa layanan jasa servis kendaraan menjadi salah satu keunggulan dari aplikasi yang dikembangkan bersama dengan PT Kreasi Cipta Buana Indonesia sebagai mitra. 


“Kami mencoba untuk melakukan digitalisasi proses pemesanan jasa perawatan dan penjualan suku cadang dengan menggunakan teknologi mikroservis, khususnya pada PT Kreasi Cipta buana Indonesia selaku mitra industri kami,” kata Ahmad Mustofa sebagaimana dikutip dari kanal YouTube Politeknik Negeri Madura beberapa waktu lalu. 


Pengembangan aplikasi Fixnparts ini sendiri, menurut Ahmad,  merupakan salah satu luaran dari praktik baik program Matching Fund Vokasi 2023. Pengembangan aplikasi ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam merawat kendaraan mereka karena dengan aplikasi ini para pengguna dapat memesan sparepart, oli, bahkan memesan jasa emergency service saat mereka menghadapi kendala saat berkendara dan jauh dari bengkel.

 

Masih menurut Ahmad, pengembangan aplikasi Fixnparts ini dilakukan dengan melakukan analisa kebutuhan perangkat lunak yang dilakukan oleh tim dari Poltera dan juga dari mitra. Analisa diperlukan untuk menghasilkan dokumen tentang spesifikasi kebutuhan perangkat lunak (SKPL) yang dibutuhkan. 


“Kemudian kami melakukan perancangan desain user interface dan sistem yang dilakukan oleh tim peneliti bersama mahasiswa dan menghasilkan dokumen deskripsi perancangan perangkat lunak,” tambah Ahmad. 



 

Setelah selesai, Ahmad dan timnya kemudian melakukan validasi desain user interface yang dilakukan bersama mitra.


“Untuk implementasinya kami menggunakan teknologi mikro servis pada aplikasi backend-nya, kemudian menggunakan laravel livewire untuk frontend dan untuk admin panel serta flutter Android untuk Android serta flutter web untuk frontend web,” kata Ahmad.

 

Saat ini aplikasi ini sudah bisa diunduh  melalui google play store dengan nama Fixnparts. Aplikasi Ini memiliki beberapa menu utama dan beberapa sub menu dan juga emergency service


Emergency service ini merupakan fitur unggulan kami, di mana pengguna dapat memesan jasa servis ketika mereka sedang mengalami trouble pada perjalanan yang jauh dari bengkel dan seterusnya,” kata Ahmad.


Selain dapat diakses melalui Android, aplikasi ini juga bisa diakses melalui website


“Kami juga menyediakan web yang hanya bisa diakses oleh pihak bengkel untuk mengelola produk ataupun mengelola order,” ujar Ahmad. (Poltera/Nan/Cecep)