Tip Mengenali Bakat dan Minat Menurut Founder Essa Consulting

Tip Mengenali Bakat dan Minat Menurut Founder Essa Consulting

Jakarta, Ditjen Vokasi – Memiliki bakat dan minat yang selaras merupakan salah satu anugerah terbesar yang dimiliki oleh seseorang. Tidak sedikit orang-orang di dunia ini bisa sukses besar karena bakat dan minat yang dimilikinya.


Banyak orang yang bertanya-tanya bakat mereka sebenarnya apa? Bahkan, saking putus asanya ada juga yang menghakimi bahwa dirinya tidak memiliki bakat. Padahal, setiap diri seseorang pasti memiliki bakat meskipun tidak diimbangi dengan tingkat minat yang sama. 


Diperlukan stimulan dan dukungan dari orang-orang sekitar agar bakat dan minat dalam diri seseorang bisa muncul dan berkembang. Pada acara Webinar Sosialisasi NPK Panduan Pengembangan Bakat Minat melalui Pemilihan Konsentrasi Keahlian dan Ekstrakurikuler yang disiarkan di kanal YouTube Direktorat SMK, salah satu narasumber yang berprofesi sebagai psikolog, Rose Mini, membagikan tip mengenali bakat dan minat dalam diri seseorang.


  1. Mengenali pengalaman

Cari pengalaman sebanyak mungkin. Dengan pengalaman, seseorang akan bisa membedakan apa yang disukai dan yang tidak disukai. Apakah ada bakat di situ atau tidak. Bakat dan minat ialah dua hal yang berbeda. Minat sangat dipengaruhi oleh lingkungan, sedangkan bakat merupakan bawaan genetik.


“Kalau kamu tidak pernah punya pengalaman yang terstimulasi maka bakat seseorang tidak akan pernah muncul. Bagaimana kita bisa tahu kalau tidak pernah muncul,” ucap Rose.


  1. Pahami tentang diri

Seseorang harus tahu tentang dirinya masing-masing, kelebihan dan kekurangannya apa, hal yang disukai dan tidak. Kalau seseorang tidak kenal dengan dirinya sendiri, orang tersebut tidak akan tahu langkahnya mau diarahkan ke mana.


  1. Dukungan lingkungan

Jangan pernah merasa berjuang sendirian. Tanpa disadari sebenarnya banyak dukungan untuk kita yang datang dari lingkungan, tetapi kadang-kadang mata kita tertutup sehingga tidak melihat hal itu.


“Dengan adanya pemahaman tentang diri, kita tahu langkah yang akan kita lakukan dan kita tahu. Dengan adanya pengalaman kita tahu yang kita suka dan tidak suka, mana yang kita punya bakat dan tidak punya bakat di bidang ini dan kita tahu juga tentang minat kita,” tutur Rose.


Ketiga tip tersebut adalah cara paling mudah untuk mengetahui bakat yang ada di dalam diri kita. Ingat setiap orang itu punya kemampuan dan kecerdasan yang berbeda-beda. Hal yang membedakan ialah apakah kita mau menggalinya atau hanya berdiam diri hingga bakat dan minat tersebut terpendam. (Aya/Cecep)