Wisuda ke-64, 37 Wisudawan PNP Sudah Diijon Trakindo Tanpa Tes

Wisuda ke-64, 37 Wisudawan PNP Sudah Diijon Trakindo Tanpa Tes

Padang, Ditjen Vokasi - Politeknik Negeri Padang (PNP) mewisuda 1.271 mahasiswa pada Sabtu (16-09-2023). Sebanyak 59 wisudawan di antaranya bahkan sudah diterima bekerja di PT Trakindo Utama sebelum wisuda,  di mana 37 di antaranya langsung direkrut dan tanpa tes terlebih dahulu.


Ke-37 mahasiswa yang sudah bekerja tersebut merupakan mahasiswa Program Studi Teknik Alat Berat. Para mahasiswa tersebut bekerja sebagai teknisi di sejumlah kantor cabang Trakindo Utama, yakni 17 alumni di Trakindo Palembang, 4 orang di Trakindo Deli Serdang, 3 orang di Trakindo area Jawa, 8 orang di Trakindo Pekanbaru, 1 orang di Trakindo Bengkulu, 2 orang di Trakindo Sumatra Barat, 2 orang di Trakindo Sumbawa. 


Manager HRD Trakindo Utama, Arif Budiman, mengatakan bahwa pihaknya telah menjalin kerja sama dengan PNP sejak 2007 lalu untuk menyiapkan tenaga kerja di bidang industri alat berat. 


“Kami bahkan sudah membuka kelas khusus dengan PNP,” kata Arif Budiman.


Menurut Arif, lulusan tahun 2023 yang saat ini sudah bergabung di Trakindo tersebut sebagian besar merupakan mahasiswa kelas khusus PNP-Trakindo. Umumnya mereka diterima langsung tanpa melalui proses testing terlebih dahulu.


“Kami tidak perlu melakukan seleksi karena memang selama ini para siswa di kelas khusus ini sudah kami didik secara bersama-sama antara PNP dan juga Trakindo,” Arif menambahkan.


Masih menurut Arif, Trakindo membutuhkan banyak sumber daya manusia untuk mengisi sejumlah posisi di bidang alat berat. Bagi Arif, kerja sama dengan PNP melalui kelas khusus tersebut sangat membantu Trakindo dalam menyiapkan dan memenuhi kebutuhan SDM Trakindo.


“Karena mulai dari kurikulumnya sudah kami sinkronkan bersama, sehingga kompetensi yang kami butuhkan sudah dipersiapkan dan sudah sesuai dengan yang kami butuhkan, baik secara teknikal maupun non-teknis,” kata Arif.


Selain melalui kelas industri khusus, Trakindo juga memberikan kesempatan bagi lulusan PNP untuk bekerja di Trakindo. Dengan demikian, secara total jumlah lulusan tahun 2023 yang saat ini sudah bekerja di Trakindo Utama mencapai 59 mahasiswa.


Sementara itu, Direktur PNP, Surfa Yondri, dalam sambutannya saat wisuda ke-64 mengucapkan selamat kepada para wisudawan yang sudah diterima bekerja. Menurutnya, hal tersebut membuktikan kepercayaan industri yang semakin kuat dengan PNP.


“Terima kasih atas kepercayaan Trakindo Utama dan para mitra yang telah menerima lulusan kami walaupun belum diwisuda,” kata Surfa Yondri.


Selain di Trakindo Utama, sejumlah mahasiswa dari berbagai program studi, seperti Akuntansi, Teknik Telekomunikasi, dan lain sebagainya juga sudah ada yang bekerja. Bahkan, salah satu wisudawan, Dery Adil Karim (D-3 Teknik Telekomunikasi), saat ini tengah magang bekerja di sebuah industri di Hungaria. (Nan/Cecep)