Bergerak Bersama untuk Merdeka Belajar

Bergerak Bersama untuk Merdeka Belajar

Jakarta, Ditjen Diksi -- Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim memimpin upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2022 di Halaman Kantor Kemendikbudristek, Jakarta Pusat (13/5). Kali ini, upacara dilaksanakan pada 13 Mei 2022 menyesuaikan hari libur dan cuti bersama Idulfitri 1443 Hijriah.

 

Dalam upacara Hardiknas yang bertemakan “Pimpin Pemulihan, Bergerak untuk Merdeka Belajar” tersebut, Nadiem mengenakan pakaian adat dari Flores, Nusa Tenggara Timur.

 

Pada upacara yang berlangsung secara hibryd ini, Nadiem menyampaikan mengenai tangguhnya tenaga pendidik di Indonesia yang terus terdepan meski dihantam terjangan pandemi Covid-19.

 

“Di tengah hantaman ombak yang sangat besar, kita terus melautkan kapal besar bernama Merdeka Belajar, yang di tahun ketiga ini telah mengarungi pulau-pulau di seluruh Indonesia,” ujarnya.

 

Nadiem pun turut menuturkan capaian terkait kebijakan Merdeka Belajar, yang tidak hanya dirasakan oleh orang tua maupun tenaga pendidik di Indonesia. Bahkan, jelasnya, digaungkan sampai ke negara-negara lain melalui presidensi Indonesia di konferensi tingkat tinggi G20.

 

“Tahun ini kita membuktikan bahwa kita tidak lagi hanya menjadi pengikut, tapi pemimpin dari gerakan pemulihan dunia,” terang Nadiem.

 

Lebih lanjut, tambah Nadiem, kini Kurikulum Merdeka akan diterapkan di lebih dari 140 ribu satuan pendidikan di seluruh Indonesia. “ltu berarti bahwa ratusan ribu anak Indonesia akan belajar dengan cara yang jauh lebih menyenangkan dan memerdekakan,” pungkas Nadiem. (Diksi/FJ/AP/NA)